Sukses

Cara Jitu Hentikan Kebiasaan Overthinking

Awas kebiasaan sering mengalami overthinking dapat mematikan kreativitas lho! Berikut ini cara mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Overthinking merupakan masalah yang tidak bisa pergi dari pikiran dan terasa selalu menghantui Anda terus menerus. Jika tidak dihentikan dengan cepat, hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan waktu istirahat Anda.

Pada umumnya manusia merupakan makhluk yang pandai dalam memecahkan masalah dengan variabel yang sedikit. Otak manusia juga mahir memecahkan masalah dengan variabel tidak terbatas seperti menciptakan musik dan berkarya seni lainnya.

Namun, kesulitan biasanya muncul saat masalah yang dipecahkan memiliki variabel yang banyak dan terbatas. Disinilah rasa frustasi dan overthinking kerap muncul.

Pada kondisi yang ringan, overthinking akan terasa mengganggu dan dapat menghalangi kemajuan dalam proses yang sedang Anda jalani. Sedangkan pada kondisi ekstrim, overthinking dapat menyebabkan stres bahkan gangguan kecemasan.

Overthinking muncul karena adanya rasa keraguan dan ketidakpastian. Manusia kerap berusaha memprediksi hasil dari suatu proses atau masalah, agar bisa membuat keputusan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin akan terjadi.

Cara menghentikan kebiasaan overthinking

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membebaskan pikiran dari gangguan overthinking:

1. Berpasrah diri

Apapun yang sedang Anda kerjakan atau masalah yang sedang Anda alami, lakukan semaksimal yang Anda bisa dan yakinlah apapun hasilnya adalah yang terbaik

2. Selesaikan urusan yang mudah terlebih dahulu

Urutkan pekerjaan dan permasalahan dari yang teringan hingga terberat. Hal ini bermanfaat untuk menyelesaikan lebih banyak hal dengan cepat dan tidak tertahan terlalu lama di pekerjaan yang kompleks. Mengerjakan pekerjaan yang ringan terlebih dahulu akan memberi sensasi kesuksesan yang membuat Anda bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan berikutnya.

3. Pasang target

Memperbolehkan diri Anda overthinking dengan syarat hanya untuk hal-hal yang memang bisa diselesaikan. Jika merasa suatu hal tidak bisa diselesaikan, sadarlah bahwa hal tersebut di luar kuasa Anda dan terimalah dengan lapang dada.

4. Alihkan perhatian Anda

Sibukkan diri Anda dengan kegiatan lain yang lebih bermanfaat seperti melakukan olahraga secara rutin. Dengan demikian, istirahat Anda lebih maksimal dan terhindar dari insomnia akibat banyak pikiran.

Saat tubuh lelah usai olahraga, Anda sudah tidak lagi memiliki energi untuk overthinking dan bisa beristirahat dengan nyaman.

Jika overthinking sudah mulai mengganggu aktivitas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kesehatan jiwa atau psikolog untuk mendapatkan jalan keluar dari masalah yang sedang dialami.

[DA/ RVS]

1 Komentar