Sukses

7 Tanda Anda dan Pasangan Sebaiknya Mengakhiri Hubungan

Hubungan dengan pasangan tak selalu berjalan mulus. Ketahui tanda-tandanya, kapan sebaiknya Anda mengakhiri hubungan dengan pasangan.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap pasangan tentu ingin memiliki hubungan yang berjalan dengan baik dan berakhir bahagia. Kenyataannya, menjalani hubungan, khususnya berpacaran, seringkali tidak semulus dan seindah yang dibayangkan. Banyak hambatan dan masalah yang datang menguji sebuah hubungan.

Lalu, bagaimana mengetahui apakah sebuah hubungan masih layak dipertahankan atau sebenarnya sudah harus diakhiri? Beberapa hal di bawah ini dapat jadi pertimbangan Anda.

1. Tidak ada rasa saling percaya

Saling percaya merupakan fondasi dalam sebuah hubungan. Sekali saja ada kebohongan, maka akan sulit untuk merasa percaya pada pasangan. Dan bila tidak ada lagi rasa saling percaya, suatu hubungan akan sulit untuk terus berjalan.

2. Bertengkar untuk hal kecil

Dalam hubungan pasti ada perselisihan. Hal itu wajar saja. Bahkan ada pasangan yang lebih sering berselisih paham dibandingkan pasangan lain. Namun, bila Anda dan pasangan bertengkar untuk hal-hal kecil, yang tampak tidak signifikan, mungkin ada sesuatu yang salah dalam hubungan Anda.

3. Tidak ada keterbukaan

Keterbukaan adalah hal yang penting dalam sebuah hubungan. Bila Anda lebih senang menyimpan suatu perasaan sendiri dan enggan untuk berbagi atau bercerita pada pasangan, Anda perlu mempertanyakan hubungan yang sedang Anda jalani.

4. Sulit diskusi bersama

Berbagai masalah yang timbul dalam hubungan sebenarnya dapat diatasi bila Anda memiliki pola komunikasi yang baik dengan pasangan. Saat Anda duduk bersama dan berdiskusi, jalan keluar untuk permasalahan pun dapat ditemukan. Anda perlu berpikir untuk melanjutkan hubungan, bila setiap kali berdiskusi selalu berakhir dengan perselisihan tajam.

5. Perbedaan nilai dan prinsip hidup

Nilai-nilai dan prinsip hidup seseorang dipengaruhi oleh latar belakang keluarga, adat dan budaya, serta keyakinan. Anda dan pasangan tentu memiliki nilai dan prinsip hidup yang berbeda. Masa pacaran adalah waktu untuk menyesuaikan nilai-nilai tersebut. Namun, bila nilai-nilai tersebut sangat berbeda jauh sehingga Anda tidak dapat berjalan beriring dengan pasangan Anda, mungkin dia bukan orang yang tepat bagi Anda.

6. Tidak bisa membayangkan masa depan bersama dia

Setiap pasangan yang sedang berpacaran tentu menginginkan hubungannya berujung bahagia dalam pernikahan. Bila Anda saja sulit atau bahkan enggan untuk membayangkan masa depan bersama dengan pasangan, mungkin hubungan Anda perlu dipertimbangkan kembali.

7. Anda cenderung mengalami depresi

Yang terakhir namun tidak kalah penting adalah kebahagiaan Anda. Apakah Anda bahagia selama menjalani hubungan? Bila Anda cenderung selalu merasa sedih, bahkan hingga depresi, pikirkan  lagi untuk melanjutkan hubungan itu.

 

Mengakhiri sebuah hubungan bukanlah hal yang mudah dan pasti akan menyakiti hati kedua pihak. Namun, bila hubungan yang dijalani sudah mengganggu emosi bahkan mengancam kesehatan mental, mungkin ini saat yang tepat untuk mengatakan selamat tinggal pada pasangan Anda.

 

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar