Sukses

6 Cara Menstabilkan Emosi Anda

Lakukan beberapa langkah ini untuk menstabilkan emosi Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Dalam diri setiap manusia pasti terdapat emosi. Tidak selamanya emosi itu berkaitan dengan sesuatu yang negatif. Namun, emosi bisa digunakan atau diarahkan menjadi suatu aktivitas yang produktif.

Karena itu, hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengatur emosi agar tetap terkendali. Namun, ada saatnya Anda akan mengalami kelelahan untuk mengatur emosi dari dalam diri.

Dikutip dari psychologytoday, berikut ini beberapa cara untuk menstabilkan emosi Anda:

1. Sadarilah keberadaan Anda

Semua manusia memiliki masa transisi dalam hidupnya, ketika Anda berada di posisi ini,  biasanya cara pandang dalam melihat masalah akan berbeda. Sulit bagi Anda yang sedang mengalami transisi untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi. Kenalilah masalah yang datang kepada Anda dengan cermat.

2. Beristirahatlah

Mungkin Anda hanya perlu berlibur selama beberapa hari untuk menemukan jawaban atas masalah Anda. Orang yang tidak berlibur cenderung lebih mudah untuk kelelahan.

Jadi, selamatkan diri Anda dari emosi negatif dengan beristirahat yang cukup, bahkan jika Anda tidak benar-benar ingin melakukannya.

3. Tenangkanlah diri

Membangun kekuatan emosional membutuhkan latihan sehari-hari, sama halnya seperti membangun kekuatan fisik. Apakah Anda bermeditasi setiap hari atau hanya memerlukan secangkir teh untuk mengatur emosi Anda? Jika iya, terapkanlah cara itu sesegera mungkin saat emosi Anda membutuhkan kekuatan tambahan.

4. Cobalah sesuatu yang berbeda

Telah terbukti bahwa melakukan hal-hal baru akan meningkatkan hubungan Anda dengan kehidupan dan orang-orang yang ada di sekitar. Jika Anda belum pernah berkemah, mungkin inilah saat yang tepat untuk tidur di bawah bintang dan ‘berkomunikasi’ dengan alam. Segera putuskan petualangan apa yang ingin Anda ambil.

5. Tuliskan kekhawatiran

Menuliskan emosi negatif di atas kertas bisa memberi Anda beberapa perspektif  baru tentang apa yang Anda alami. Berikan kesempatan kepada diri Anda selama beberapa hari untuk membuat daftar dengan lengkap. Setelah itu, selesaikan masalah satu per satu untuk mengurangi kekhawatiran yang Anda alami.

6. Dapatkan konseling

Terkadang, Anda memerlukan perspektif dari orang lain untuk memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan. Meskipun Anda menyukai sesuatu, sepertinya Anda harus mendengarkan pendapat orang lain apakah hal itu memang baik untuk Anda saat ini.

Bertengkar, patah hati, atau mengalami kejadian traumatis adalah hal yang dapat membuat emosi Anda menjadi tidak stabil. Menerapkan beberapa cara di atas bisa dilakukan untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selamat mencoba!

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar