Sukses

Penyebab Urine Berbau Menyengat Setelah Makan Petai

Makan petai dapat membuat urine berbau menyengat. Apa penyebabnya?

Bagi sebagian orang, petai adalah makanan favorit untuk dikonsumsi. Namun, tak sedikit orang yang membenci tumbuhan ini karena efek samping petai yang menyebabkan bau mulut dan urine berbau menyengat setelah mengonsumsinya.

Namun, apakah Anda tahu mengapa setelah makan petai urine menjadi berbau menyengat? Apa sebenarnya yang menjadi penyebab urine bau?

Kandungan Petai

Petai atau stinky bean adalah tanaman asli dari Asia Tenggara. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Petai merupakan salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Selain itu, petai juga mengandung banyak serat sehingga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti konstipasi.

Kandungan dalam petai lainnya adalah kalsium, fosfor, magnesium, besi, mangan, dan kalium yang baik untuk tubuh.

Artikel Lainnya: Ini Dia Manfaat Petai bagi Kesehatan

Tak hanya itu, petai memiliki cukup banyak vitamin C, vitamin E, dan vitamin B1. Namun, petai mempunyai kandungan tanin yang tinggi sehingga dapat mengganggu penyerapan protein dan asam amino.

Maka dari itu, petai tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak dalam jumlah banyak, karena dapat mengganggu penyerapan protein yang penting untuk tumbuh kembang.

1 dari 3 halaman

Mengapa Petai Membuat Urine Bau?

Anda mungkin sering bertanya-tanya, mengapa petai bisa bikin mulut serta urine bau. Kandungan dalam petai yang menjadikannya berbau dan memiliki rasa khas adalah cyclic polysulfides, yaitu hexathionine, tetrathiane, trithiolane, pentathiopane, pentathiocane, dan tetrathiepane.

Biji petai juga mengandung asam jengkolat yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran kemih.

Artikel Lainnya: Apakah Petai Bisa Picu Asam Urat?

Urine yang bau akibat mengonsumsi petai terjadi karena terdapat suatu enzim pencernaan di dalam tubuh yang memecah petai menjadi berbagai senyawa kimia. Salah satu senyawa itu bisa menjadi methyl mercaptan, senyawa yang terkenal berbau busuk.

Methyl mercaptan kemudian diproses oleh ginjal dan dikeluarkan sebagai produk buangan melalui urine.

 

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Bau Akibat Petai

Tidak ada cara untuk menghilangkan urine yang bau akibat mengonsumsi petai. Namun, Anda dapat mengatasi bau mulut setelah mengonsumsi petai dengan beberapa cara berikut:

1. Menyikat Gigi

Cara menghilangkan bau petai yang paling mudah adalah dengan menyikat gigi. Setelah melakukan ini, sisa-sisa makanan atau bakteri yang menumpuk dan berada di dalam mulut dapat dihilangkan. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari atau lebih bila perlu. Namun, jangan menyikat terlalu keras karena dapat merusak gigi.

2. Gunakan Obat Kumur

Obat kumur dapat membantu menghilangkan bau menyengat akibat efek samping petai. Terdapat bukti ilmiah yang mengungkapkan bahwa obat kumur yang mengandung Cetylpyridinium chloride akan membantu menghilangkan bau mulut dan membunuh bakteri.

Artikel Lainnya: Benarkah Petai Bisa Cegah Hipertensi?

3. Flossing atau Menggunakan Benang Gigi

Obat kumur akan bekerja lebih baik bila dibantu dengan dental floss atau benang gigi. Benang gigi akan membantu menghilangkan sisa makanan yang tersangkut di gigi yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi atau obat kumur. Selalu baca label pada botol obat kumur sebelum menggunakannya.

4. Membersihkan Lidah

Lidah juga penting untuk dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk membantu menghilangkan bau mulut yang menyengat akibat efek samping petai. Lidah yang berwarna putih menunjukkan adanya sisa-sisa makanan, sel-sel mati, atau bakteri yang berdiam di permukaan lidah.

Gunakan pembersih lidah atau sikatlah lidah hingga mencapai seluruh bagian lidah. Lakukanlah setiap hari walaupun Anda tidak mengonsumsi petai.

5. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet tanpa gula dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bau mulut akibat petai. Ini karena aktivitas mengunyah bisa membantu memproduksi air liur lebih banyak, sehingga partikel makanan yang masih tertinggal dapat terbilas.

Petai merupakan salah satu makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Namun, tak sedikit pula orang yang membencinya karena dapat memicu urine berbau menyengat. Hal itu disebabkan oleh kandungan zat-zat yang ada di dalam petai.

Terlepas dari suka dan tidak sukanya Anda terhadap makanan ini, bau mulut akibat efek samping petai dapat dihilangkan dengan melakukan langkah-langkah di atas. Perlu diingat juga, janganlah mengonsumsi petai secara berlebihan karena dapat menyebabkan tersumbatnya saluran kemih. 

[WA/ RS]

1 Komentar