Sukses

Mengapa Urine Berbau Menyengat Setelah Makan Petai?

Inilah kandungan di dalam petai yang bisa membuat urine Anda berbau tidak sedap.

Klikdokter.com, Jakarta Petai merupakan salah satu makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Makanan yang memiliki nama latin Parkia Speciosa ini juga mengandung banyak serat, sehingga dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit.

Petai juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, besi, mangan, dan kalium yang baik untuk tubuh.

Hanya saja, ada satu risiko yang harus Anda tanggung saat hendak makan petai. Benar. Saat berkemih, Anda akan mengeluarkan urine berbau tidak sedap dan menyengat. Akan tetapi, tahukah Anda, zat apa yang terkandung di dalam petai yang dapat memengaruhi aroma urine?

Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa yang mengandung sulfur mungkin merupakan salah satu penyebabnya. Cystein dan turunannya seperti glutathione, djenkolic acid, dan thiazolidine-4- carboxylic acid adalah beberapa dari senyawa belerang yang diketahui menghasilkan aroma khas yang dipancarkan oleh pemakan petai.

Sementara itu, terdapat studi lain yang menganalisis petai menggunakan metode Gas-Chromatography (GC) and GC-Mass Spectroscopy (GC-MS). Studi ini menemukan bahwa petai mengandung sejumlah komponen yang mudah menguap.

Empat penyusun utamanya yaitu: hidrogen sulfida (41,30%), etanol (39,15%), 1,2,4-trithiolane (4,75%) dan asetaldehida (3,59%). Dari keempat komponen utama ini, bau khas petai diyakini berasal dari 1,2,4-trithiolane.

Sebelum dimakan, petai biasanya tidak memiliki aroma yang menyengat. Lantas, mengapa mengonsumsi petai membuat bau urine berubah menjadi tidak sedap?

Hal tersebut terjadi karena terdapat suatu enzim pencernaan di dalam tubuh yang memecah petai menjadi berbagai senyawa  kimia. Salah satu senyawa itu bisa menjadi methyl mercaptan, senyawa yang terkenal berbau busuk. Methyl mercaptan kemudian diproses oleh ginjal dan dikeluarkan sebagai produk buangan melalui urine.

Petai bukanlah satu-satunya makanan yang bisa menyebabkan urine berbau menyengat. Asparagus ternyata juga memiliki kemampuan menghasilkan urine dengan bau tidak sedap. Ketika melalui proses metabolisme, beberapa senyawa tertentu pada asparagus akan meningkatkan aroma menyengat pada urine.

[BA/ RVS]

1 Komentar