Sukses

3 Cara Melatih Otak agar Lebih Kreatif

Lakukan beberapa hal ini agar otak Anda dapat berpikir lebih kreatif.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang harus memiliki jiwa kreatif. Dengan pikiran kreatif, hal ini akan membuat seseorang bisa mengerjakan tugas dengan lebih mudah serta menghasilkan ide-ide yang cemerlang.

Mengutip psychologytoday.com, melatih otak untuk terus berpikir kreatif ternyata dapat mengubah struktur otak. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan cognitive behavior therapy (CBT).

Banyak terapis yang menggunakan metode ini untuk mengubah pola pikir dan perilaku seseorang. Akan tetapi, CBT bukanlah pengobatan instan untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan yang besar.

Sebuah studi mengungkapkan, CBT mampu menciptakan perubahan fisik dengan memodifikasi sirkuit saraf yang terlibat dalam emosi negatif. Lantas, apa jenis keterampilan CBT yang diajarkan oleh para terapis? Berikut adalah tiga cara melatih otak agar dapat berpikir kreatif.

1. Menyusun ulang pikiran negatif

Memikirkan hal-hal seperti, “Ini tidak akan pernah berhasil”, atau “Saya sangat bodoh”. Saya hanya menghancurkan segalanya’ tidak akan menyelesaikan masalah Anda. Prediksi negatif yang berlebihan terhadap diri sendiri dapat mencegah Anda untuk mengambil tindakan positif.

Kabar baiknya, segala pikiran negatif yang datang dari pikiran Anda harus dibalas dengan pernyataan yang lebih realistis. Carilah fakta-fakta dimana usaha yang Anda lakukan akan berhasil. Setelah itu, buatlah sebuah pernyataan yang lebih seimbang, ‘Ada kemungkinan hal ini tidak akan berhasil, tapi ada juga kemungkinan saya akan berhasil. Yang bisa saya lakukan adalah yang terbaik’.

2. Membuktikan kesalahan anda sendiri

Otak Anda kadang-kadang berbohong mengenai situasi yang akan Anda hadapi. Terkadang, “suara” yang muncul di kepala Anda melihat sebuah peristiwa sebagai sebuah halangan. Padahal, bisa saja Anda mendapatkan sesuatu yang sama sekali berbeda dari yang dibayangkan. 

Paksakan diri Anda untuk mengambil satu langkah lebih maju setelah muncul pikiran bahwa hal ini terlalu lelah untuk terus dihadapi. Selain itu, Anda bisa juga menantang diri sendiri untuk terus mendapatkan apa yang diinginkan. Seiring berjalannya waktu, otak Anda akan melihat keterbatasan dan kemampuan lebih akurat.

3. Menciptakan "mantra" sendiri

Kenalilah pola pikir negatif yang sering muncul di kepala Anda. Kemudian, kembangkanlah sesuatu yang positif untuk membuang emosi negatif tersebut. Mengulangi kata-kata seperti “Jadikan itu terjadi” atau “Lakukan yang terbaik” dipercaya dapat membuang hal negatif. Dengan berjalannya waktu, Anda akan tumbuh untuk memercayai pernyataan positif ketimbang hal-hal yang tidak sehat.

Seperti halnya melatih keterampilan baru, melatih otak untuk berpikir kreatif juga membutuhkan waktu. Makin Anda berpikir kreatif, makin kuat mental yang Anda bangun.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar