Sukses

Tahi Lalat Ditumbuhi Rambut, Berbahayakah?

Pada umumnya tahi lalat tidak berbahaya, namun bagaimana jika banyak ditumbuhi rambut?

Klikdokter.com, Jakarta Menurut dr. Fiona Amelia MPH, umumnya tahi lalat (moles) tidak berbahaya. Namun ada sebagian yang bisa menyebabkan kanker ganas pada kulit, yaitu melanoma. Meski demikian, Anda tak perlu cemas jika tahi lalat yang muncul biasa saja dan tidak dibarengi dengan gejala tertentu.

Hal itu pun berlaku bagi tahi lalat yang banyak ditumbuhi rambut. Pasalnya, selama masih dalam kondisi wajar, tahi lalat yang ditumbuhi rambut tidak cukup berbahaya.

Mengutip Men’s Health, rambut yang tumbuh di tahi lalat adalah satu proses normal yang terjadi. Tahi lalat yang ditumbuhi rambut menandakan bahwa ia tumbuh di atas kulit yang cenderung sehat dan tidak memiliki masalah.

Tahi lalat ditumbuhi rambut pertanda kanker?

Sebagian orang masih memercayai bahwa tahi lalat yang tumbuh di tubuh pertanda bahwa kulit mungkin mengalami kanker. Terlebih jika tahi lalat yang muncul berbeda dari yang biasa ditemukan.

Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Tahi lalat yang ditumbuhi rambut, sekalipun cukup lebat bukanlah satu tanda pasti telah terjadi kanker.

Menurut seorang ahli dari University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, Apple A. Bodemer, MD, kanker tidak menumbuhkan struktur normal, sementara pertumbuhan rambut adalah proses normal.

“Tapi kalau daerah tahi lalat rusak, misalnya, karena terkena kanker kulit, itu bisa membahayakan folikel rambut, jadi rambut tidak akan bisa tumbuh,” katanya seperti dikutip dari Men’s Health.

Namun hal itu bukan berarti Anda bisa lalai dan tidak peduli dengan pertumbuhan tahi lalat. Sebab, sesuatu yang sehat pun terkadang bisa berubah menjadi berbahaya karena gaya hidup yang salah.

Karena itu, selalu perhatikan perubahan yang mungkin terjadi pada tahi lalat Anda. Lakukan pengecekan berikut untuk melihat apakah tahi lalat yang Anda miliki tergolong jinak atau ganas:

  1. Asymmetrical shape ialah setengah bagian tahi lalat tidak sama dengan setengah bagian lainnya.
  2. Border, merupakan batas tahi lalat tidak rata, berlekuk.
  3. Color. Adakah perubahan warna pada tahi lalat, memiliki banyak warna atau distribusi warnanya tidak merata.
  4. Diameter. Perhatikan pertumbuhan baru pada tahi lalat yang berukuran lebih besar dari 6 mm (diameter)
  5. Evolving. Perhatikan tahi lalat yang berubah ukuran, bentuk, warna atau ketinggian, khususnya bila sebagian atau seluruh bagian tahi lalat menjadi hitam.

Karakteristik di atas biasanya menandakan bahwa tahi lalat Anda ganas dan berpotensi berubah menjadi kanker. Namun, penampakan tahi lalat yang ganas sangat beragam.

Beberapa di antaranya bahkan hanya menunjukkan satu sampai dua dari karakteristik tersebut. Gejala lainnya bisa disertai rasa nyeri dan gatal di sekitar tahi lalat bahkan beberapa mengeluarkan darah atau nanah.

Tak perlu khawatir, sebenarnya tahi lalat yang ditumbuhi rambut merupakan hal yang normal terjadi. Namun jika Anda tetap tak yakin dan menemukan gejala-gejala tertentu di kemudian hari, segera berkonsultasi dengan dokter.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar