Sukses

Buah Naga, Beda Warna Beda Manfaat

Ternyata buah naga memiliki beragam warna. Berbeda warna, berbeda pula manfaat buah naga.

Buah naga tentu amat familiar bagi Anda. Bentuknya yang khas, cara mengonsumsi yang cukup mudah, dan rasanya yang menyegarkan membuat buah ini banyak digemari.

Dalam buah naga, terkandung berbagai macam vitamin yang baik untuk tubuh Anda. Namun, tiap warna buah naga memiliki manfaatnya sendiri-sendiri yang tentunya sayang jika dilewatkan. 

1 dari 2 halaman

Jenis Buah Naga Berdasarkan Warna dan Manfaatnya

Warna buah naga pun ada beberapa jenis, mulai dari buah naga putih, ungu, hitam, dan kuning. Rupanya, beda warna buah naga beda pula manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat buah naga berdasarkan warnanya:

  1. Manfaat Buah Naga Putih

Buah naga putih memiliki kadar kolesterol yang rendah. Karenanya, konsumsi buah naga putih dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

Selain itu, buah naga putih juga mengandung serat yang baik untuk saluran pencernaan Anda, menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan berlebih, dan menjaga tekanan darah. 

Manfaat buah naga putih yang lain adalah menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalium dan kalsium di dalamnya. 

Artikel lainnya: Harga Anjlok, Manfaat Buah Naga Tetap Selangit

  1. Manfaat Buah Naga Merah

Buah naga merah kaya akan kandungan vitamin A dan karoten. Kedua senyawa ini baik untuk kesehatan mata. Selain itu, vitamin A dan karoten juga merupakan antioksidan. Antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh. 

Selain itu, antioksidan pun terbukti dapat mencegah terjadinya beberapa jenis kanker. Layaknya buah naga putih, buah naga merah pun mengandung sejumlah mineral, seperti fosfor, mangan, besi, dan magnesium. Mineral tersebut penting untuk pembentukan enzim dan proses metabolisme tubuh lainnya. 

  1. Manfaat Buah Naga Hitam 

Selain buah naga putih dan ungu, ada pula buah naga hitam. Warna hitam pada buah naga hitam menunjukkan kandungan beta-karoten yang tinggi pada buah tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, beta-karoten merupakan antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh dan mencegah sejumlah kanker. 

Artikel lainnya: Manfaat Buah Naga sebagai Pencahar yang Ampuh

Di samping itu, buah naga hitam mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Manfaat buah naga hitam lainnya adalah dapat mencegah terjadinya anemia karena salah satu kandungan buah naga hitam adalah zat besi. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah. 

  1. Manfaat Buah Naga Kuning

Jenis buah naga lainnya adalah buah naga kuning. Buah naga ini berasal dari negara-negara di Amerika Selatan. 

Jenis buah naga ini mengandung serat pangan yang tinggi. Sehingga, salah satu manfaat buah naga kuning adalah menjaga saluran pencernaan tetap berfungsi dengan baik dan membantu mengeluarkan racun keluar dari tubuh. 

Selain itu, buah naga kuning juga kaya akan lemak tak jenuh sehingga baik bagi kesehatan jantung, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi.  

Buah naga kuning juga mengandung vitamin C yang tinggi, bahkan tiga kali lebih tinggi dari yang terkandung dalam wortel. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh, regenerasi sel, dan kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan aneka manfaat dari buah naga tersebut, Anda dapat mengonsumsi daging buah naga matang secara langsung (setelah buah naga dipotong dua). Selain itu, Anda juga dapat mengolahnya menjadi jus atau mencampur potongan buah naga dalam yoghurt murni. 

Manfaat buah naga tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan tiap warna buah naga memiliki manfaatnya sendiri. Untuk Anda yang menjadikan buah naga sebagai buah favorit, keputusan Anda sudah tepat. Pastikan mengonsumsi buah naga dalam jumlah cukup untuk memperoleh manfaatnya secara optimal. 

Bagi Anda yang masih punya pertanyaan seputar manfaat buah naga, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter. 

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar