Sukses

Ini Reaksi Otak Saat Anda Membantu Orang Lain

Ternyata respon otak saat membantu orang lain berbeda antara pria dan wanita. Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai makhluk sosial, tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang wajib dilakukan manusia. Tapi tahukah Anda, otak memiliki respon yang berbeda terhadap apa yang dilakukan sehari-hari, termasuk saat Anda melakukan kebaikan?

Faktanya, pada kegiatan yang sama, misalnya dalam memberi sejumlah uang pada orang lain, otak wanita lebih banyak memberikan respon positif dibanding otak pria. Hal inilah yang membuat para peneliti beranggapan wanita lebih senang membantu sementara pria disebut lebih egois.

Kendati demikian, peneliti tidak yakin penyebab pasti dari respon otak yang berbeda tersebut. Mereka melakukan penelitian dan menjadikan dopamin sebagai fokus utama penelitian.

Dopamin merupakan zat kimia yang ada dalam otak yang memiliki peran penting pada otak dan tubuh secara keseluruhan. Dopamin berperan dalam sistem penghargaan otak termasuk dalam memberi respon dan nilai dari perbuatan baik yang Anda lakukan.

Penelitian ini dilakukan oleh seorang profesor neuroekonomi dan ilmu saraf sosial di University of Zurich, Philippe Tobler. Mengutip CNN, Tobler dan beberapa rekannya menguji bagaimana dopamin dapat berpengaruh pada perilaku pria dan wanita.

Peneliti ini mengumpulkan 56 peserta wanita dan pria, lalu memberikan mereka pilihan untuk berbagi sejumlah uang atau memilih untuk menyimpannya sendiri. Hasilnya, terlihat wanita lebih cenderung memiliki kemurahan hati dan memilih untuk membagi uangnya dengan orang lain.

Namun pada percobaan selanjutnya, peneliti mencoba ‘mengacaukan’ dopamin baik dari pria dan wanita, dengan cara memberi obat tertentu. Hasilnya cukup mengejutkan, sebab saat dopamin terganggu, wanita justru menunjukkan sikap lebih egois sementara pria berubah menjadi lebih dermawan.

Jadi dari hasil penelitian tersebut menyimpulkan reaksi otak dan perilaku seseorang dalam menolong orang lain banyak dipengaruhi oleh hormon dopamin. Pada wanita hormon dopamin bekerja lebih aktif saat melakukan kegiatan bakti sosial.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar