Sukses

Waspada, Masalah Rumah Tangga Bisa Ganggu Kesehatan Pria!

Masalah rumah tangga ternyata dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan pria. Waspada, jangan sampai Anda jadi ‘korban’ berikutnya!

Masalah rumah tangga merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Ada saja hal yang bisa memicu terjadinya ‘bentrokan’ antara suami dan istri.

Tentu saja, yang namanya masalah pasti bisa menimbulkan dampak kurang baik. Nah, dalam hal masalah rumah tangga, ternyata kondisi tersebut bisa menyebabkan efek merugikan bagi kesehatan pria.

Sebuah penelitian menemukan bahwa gejolak dalam hubungan rumah tangga membuat pria rentan mengalami peningkatan tekanan darah, kolesterol tinggi, bahkan kenaikan berat badan.

Anehnya, peneliti tidak menemukan dampak kesehatan yang berarti pada wanita akibat masalah dalam berumah tangga. Artinya, pasang surut dalam rumah tangga lebih berisiko mengancam kesehatan pria.

Artikel Lainnya: PSBB Virus Corona Diperpanjang Saat Puasa, Hati-Hati Konflik Keluarga!

 

1 dari 3 halaman

Dampak Masalah Rumah Tangga Lebih Pengaruhi Kesehatan Pria

Seperti telah diungkit sebelumnya, permasalahan yang sering muncul dalam berumah tangga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, kolesterol tinggi, dan menyebabkan berat badan berlebih pada pria.

Penelitian juga mengatakan bahwa masalah dalam menjalin hubungan rumah tangga dapat menyebabkan risiko serangan jantung yang lebih tinggi pada pria.

Hal ini khususnya terjadi jika pria tersebut juga memiliki faktor lain, seperti usia tua, pendidikan yang kurang, dan tingkat pendapatan yang cenderung rendah.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena pria memiliki ketergantungan lebih pada pasangan, sehingga segala permasalahan akan sangat memengaruhi kesehatannya.

Ini berbanding terbalik dengan pasangan wanita (istri), apalagi bagi mereka yang memiliki hubungan sosial lebih luas dan tidak bergantung pada suami.

Artikel Lainnya: Benarkah Perceraian Jadi Solusi Terbaik saat Hubungan Suami Istri Bermasalah?

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Kesehatan Pria dalam Berumah Tangga

Hubungan yang sehat tentunya akan berdampak positif juga pada kondisi tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya jika terjadi permasalahan dalam rumah tangga, jangan ragu untuk membicarakannya dengan pasangan.

Pada dasarnya, komunikasi yang lancar adalah kunci kesuksesan dalam menjalin hubungan pernikahan.

Jika tindakan tersebut masih belum dapat meluruskan masalah yang terjadi dalam rumah tangga Anda, jangan sungkan untuk menghubungi ahli.

Anda bisa membicarakan masalah rumah tangga pada psikolog atau pemuka agama, agar bisa mendapatkan solusi yang paling baik.

Tidak cukup dengan itu, Anda yang telah menikah juga wajib menerapkan gaya hidup sehat.

Caranya adalah dengan menghindari rokok dan alkohol, selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin dan teratur, serta cukup tidur.

Agar penerapan gaya hidup sehat terasa lebih menyenangkan, ajak serta pasangan (istri) Anda. Dengan begini, Anda berdua akan memiliki kesehtan fisik dan mental yang baik sehingga masalah dalam rumah tangga bisa diselesaikan dengan cepat.

Pada akhirnya, Anda pun akan terhindar dari gangguan kesehatan yang berpotensi mengancam nyawa.

Tidak disangka, ternyata dampak masalah rumah tangga bagi kesehatan pria sangatlah menakutkan. Oleh sebab itu, jika Anda merasa terjebak dalam kondisi tersebut, sebaiknya segera cari bantuan sebelum benar-benar terlambat.

Jika butuh teman curhat untuk menceritakan masalah rumah tangga, Anda bisa berkonsultasi secara langsung pada psikolog melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Jangan sampai terjebak dalam masalah rumah tangga, karena kesehatan Anda yang jadi taruhannya!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar