Sukses

Masalah Rumah Tangga Lebih Pengaruhi Kesehatan Pria?

Masalah dalam rumah tangga itu biasa. Tapi benarkah akan lebih berpengaruh pada kesehatan pria?

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan menemukan bahwa ‘roller coaster dalam hubungan memang memiliki dampak pada kondisi kesehatan terutama pada pria. Pria rentan mengalami peningkatan tekanan darah, kolesterol tinggi bahkan penurunan berat badan.

Namun sebaliknya, peneliti tidak menemukan dampak kesehatan yang berarti bagi wanita. Artinya, pasang surut dalam rumah tangga lebih berisiko memicu berbagai penyakit pada pria.

Berita baiknya, kemungkinan itu hanya terjadi jika dalam hubungan baik Anda dan pasangan selalu mengalami perubahan mood yang drastis. Akibatnya, terjadilah ‘roller coaster dalam kehidupan berumah tangga.

Pada dasarnya jika hubungan Anda lebih stabil, pria justru tidak akan memiliki risiko hipertensi, kolesterol tinggi dan penurunan berat badan. Sekalipun hubungan yang dilalui selalu dipenuhi hal-hal negatif, namun peneliti menyebut itu lebih baik ketimbang pola hubungan yang pasang surut.

Pria dan Pernikahan

Nyatanya telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa pernikahan cenderung baik untuk kesehatan bahkan bisa meningkatkan harapan hidup pada pria. Entah apa penyebabnya, namun peneliti belum menemukan alasan pasti atas fenomena tersebut.

Namun ternyata keadaan bisa berbalik saat pernikahan yang dijalani tidak seindah yang dibayangkan. Sejumlah ahli, lewat penelitiannya menyebut bahwa menikah bisa menurunkan risiko penyaki kardiovaskular menyerang tubuh.

Peneliti dari Universitas Bristol dan Glasgow melakukan penelitian terkait hubungan antara masalah pernikahan dengan kesehatan pria. Mereka mengamati 620 ayah yang terdiri dari latar belakang hubungan konsisten baik, konsisten buruk dan kadang baik-kadang buruk.

Selain hubungan, ada faktor lain dari pria yang diamati yang ikut dipertimbangkan oleh para peneliti yakni faktor usia, pendidikan, tingkat pendapatan dan tentunya kondisi terkini dari hubungan rumah tangga. Hasilnya, pria dengan hubungan yang selalu pasang surut bahkan disebut memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung.

Mengutip dailymail, sejumlah ahli bahkan menyarankan pria yang ‘terjebak’ dalam hubungan seperti ini untuk segera mengakhirinya. Sebab, mempertahankan hubungan yang demikian dinilai akan merugikan sepihak pada pria.

Untuk menjaga hubungan rumah tangga agar tetap harmonis diperlukan satu keseimbangan antara kedua belah pihak. Terlalu sering meributkan hal kecil hingga memicu pertengkaran besar nyatanya tak hanya merusak hubungan tapi juga berpotensi mengganggu kesehatan Anda, baik pria maupun wanita.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar