Sukses

Mengenal Clean Sleeping ala Gwyneth Paltrow

Tidak hanya menjalankan pola makan sehat atau clean eating, aktris Hollywood, Gwyneth Paltrow juga menerapkan metode clean sleeping.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda sudah mendengar istilah clean sleeping yang dipopulerkan oleh aktris sekaligus pendiri Goop, Gwyneth Paltrow? Baru-baru ini, istilah tersebut ramai diperbincangkan. Paltrow memang dikenal memiliki gaya hidup sehat, sehingga istilah clean sleeping langsung menjadi tren saat ia memperkenalkannya.

Clean sleeping yang dimaksud oleh Paltrow adalah tidur dengan kualitas dan kuantitas yang cukup. Paltrow berpendapat, tidur memegang peranan penting dalam mengendalikan nafsu makan dan pasokan energi. Menurut dia, tidur seharusnya menjadi prioritas utama, bahkan di atas makan dan olahraga.

Menurut Paltrow, seperti ditulis di dalam Goop, ada beberapa kiat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, antara lain menetapkan jam tidur secara konsisten setiap hari, menghindari makan camilan di malam hari, dan tidur di ruangan yang gelap. Paltrow juga berpendapat bahwa tidur yang baik adalah mencapai 10 jam.

Dalam dunia medis, clean sleeping yang dipopulerkan oleh Paltrow hampir serupa dengan sleep hygiene. Sleep hygiene adalah sekumpulan perilaku dan kondisi lingkungan yang tepat untuk  mendapatkan tidur berkualitas atau menghindari gangguan tidur tertentu.

Sleep hygiene sebenarnya adalah salah satu model terapi untuk mengatasi insomnia, namun dapat juga diterapkan pada orang sehat yang ingin mendapatkan tidur berkualitas. Bila dibandingkan dengan clean sleeping, tidak semua hal yang dari metode tersebut benar. Namun, ada beberapa hal yang masih sesuai dengan teori dan pendapat para pakar.

Aktivitas tidur memang dapat membantu membersihkan otak dari hal-hal yang tidak dibutuhkan yang dapat mengganggu kinerja otak. Demikian hasil sebuah studi terhadap tikus. Namun, bukan berarti pola makan yang sehat dan olahraga secara rutin menjadi tidak penting. Untuk dapat mencapai pola hidup yang sehat, ketiga komponen tersebut justru harus berjalan simultan dan seimbang.

Bicara lebih jauh tentang tidur, Anda dapat menggunakan clean sleeping sebagai acuan awal untuk mengatur pola tidur menjadi lebih baik. Ada beberapa hal yang juga harus Anda perhatikan supaya mendapatkan tidur yang berkualitas, yaitu menghindari makan dan minum terlalu dekat dengan jam tidur, menjaga ruang tidur tetap redup, menghindari konsumsi kafein, dan menjauhkan gawai.

Menjaga pola tidur sama pentingnya dengan menjaga pola makan dan olahraga. Clean sleeping ala Gwyneth Paltrow bisa menjadi langkah awal untuk memulai mengubah kebiasaan tidur menjadi lebih baik. Namun jangan lupa untuk juga memperhatikan kondisi kesehatan yang lainnya. Sebab, pola tidur berkualitas yang tidak disertai dengan pola makan dan olahraga seimbang juga tidak akan berdampak maksimal.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar