Sukses

Saat Nonton Film Horor, Tubuh Anda Alami Ini

Tidak hanya membuat otot tegang, menonton film horor juga dapat membuat tubuh Anda seperti ini.

Klikdokter.com, Jakarta Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia dihebohkan oleh sebuah film layar lebar bergenre horor. Film dengan judul Pengabdi Setan itu, menurut sang sutradara, Joko Anwar, telah ditonton lebih dari tiga juta orang.

Film horor memang menimbulkan keinginan untuk berteriak, menutup mata, atau ingin kencing. Tapi ternyata, respons tubuh saat Anda menonton film horor tidak hanya sebatas itu saja.

Berikut 5 respons tubuh saat Anda menonton film horor:

1. Irama jantung meningkat

Banyak adegan di film horor yang menimbulkan kejutan secara tiba-tiba. Hal yang paling terdampak adalah perubahan irama jantung. 

Peningkatan irama jantung akibat menonton film horor merupakan reaksi tubuh untuk merespons rasa takut. Peningkatan irama jantung dengan rasa takut ternyata sejalan dengan meningkatnya respirasi (kegiatan memasukkan dan mengeluarkan udara ke dalam dan dari paru-paru).

2. Otot tegang

Saat Anda merasa panik, otot akan menjadi tegang. Hal ini karena film horor kerap membuat penontonnya dalam keadaan tertekan atau diteror.

Ketika Anda mengalami itu, maka hormon noradrenalin di dalam tubuh akan bereaksi. Hormon ini berfungsi membawa pesan ke seluruh tubuh untuk bersiap menghadapi sesuatu yang ‘besar’.

3. Kadar kortisol meningkat

Menonton film horor membuat produksi hormon kortisol di tubuh akan meningkat. Hal yang paling mengkhawatirkan dari pelepasan hormon tersebut adalah munculnya kenangan buruk di masa lalu. Biasanya, hal ini tidak Anda sadari mengapa bisa terjadi.

4. Gerak mata lebih cepat

Film horor membuat mata Anda bergerak lebih cepat, baik dari sisi ke sisi maupun dari atas ke bawah. Semakin banyak adegan yang membuat panik, mata Anda akan semakin bergerak lebih cepat.

5. Adrenalin meningkat

Adrenalin adalah respons utama tubuh terhadap stres atau ketakutan. Hal ini adalah pemicu respons fight-or-flight, dorongan besar yang membuat Anda panik dan bersiap untuk menghadapi situasi apa pun. Adrenalin yang muncul secara tiba-tiba ini membuat Anda penuh energi dan memiliki tingkat kewaspadaan yang tinggi.

Meski menyeramkan, sesungguhnya film horor diciptakan hanya untuk hiburan semata. Namun, bila Anda bukan penikmat film jenis ini, sebaiknya hindari untuk menontonnya. Anda tidak ingin merasakan kehadiran makhluk yang ada di film seram tersebut, bukan?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar