Sukses

Kebiasaan Kecil Ini Bikin Hidup Anda Lebih Sehat

Lakukan kebiasaan-kebiasaan kecil ini untuk membuat hidup Anda lebih sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Tak semua kegiatan menyehatkan harus menyedot waktu dan tenaga dalam jumlah besar, lho! Coba lakukan lima kebiasaan kecil ini, dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan Anda.

1. Segelas lemon di pagi hari

Minum air setelah bangun tidur di pagi hari memang sangat dianjurkan. Namun, mencampurkan segelas air hangat dengan perasan lemon ternyata tak kalah baik bagi tubuh.

Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat meningkatkan kondisi kesehatan Anda, utamanya metabolisme tubuh. Satu gelas air lemon hangat di pagi hari dapat meningkatkan kekebalan mikrobisida. Selain itu, lemon juga akan membantu kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

2. Selalu bawa camilan sehat

Sistem metabolisme yang berbeda pada setiap orang, berpengaruh pada kondisi perut. Artinya, meski sama-sama sarapan, teman kantor mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kembali lapar dibanding Anda. Nah, kondisi itu sering memicu Anda untuk mengambil camilan sambil menunggu jam makan siang.

Agar kesehatan lebih terjaga, selalu sediakan camilan sehat seperti buah dan sayuran dalam wadah kecil yang mudah dibawa. Daripada Anda “jajan” makanan yang dapat memicu penyakit, seperti makanan yang terlalu banyak gula, ambil saja satu atau dua potong buah mangga yang telah Anda sediakan.

3. Sebotol air di meja kerja

Pekerjaan yang padat sering membuat seseorang lupa akan segala hal. Termasuk lupa, atau malas, beranjak dari meja kerja untuk minum. Padahal, Anda mungkin telah merasa haus namun enggan untuk meninggalkan pekerjaan.

Hati-hati, kebiasaan itu bisa menyebabkan dehidrasi dan malah mengganggu produktivitas Anda. Untuk menyiasatinya, biasakan untuk meletakkan satu botol air minum di meja kerja Anda. Dengan demikian, tak ada lagi alasan untuk malas minum air putih.

4. Makan kacang

Selain buah dan sayuran, Anda bisa memilih kacang-kacangan sebagai camilan sehat. Makanlah setidaknya 50 gram kacang yang Anda sukai setiap hari. Kandungan omega-3 dalam kacang dapat memperkuat kesehatan kardiovaskular, merawat rambut, dan kuku.

Selain itu, kacang-kacangan mengandung selenium, antioksidan, vitamin E, kalium, kalsium, besi, dan seng. Singkatnya, kacang-kacangan adalah gudang vitamin dan nutrisi.

5. Membaca

Daripada menghabiskan waktu luang dengan hal yang tak berguna, cobalah untuk membaca buku. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa membaca buku setiap hari dapat menjaga otak tetap sehat.

Mengutip situs web BrightSide, rutin membaca akan meningkatkan kemampuan otak, mempertajam ingatan, dan mengembangkan imajinasi. Membaca juga terbukti dapat memperlambat (atau bahkan menghentikan) penyakit Alzheimer dan demensia.

Agar terbiasa membaca, letakkan buku di setiap sudut rumah Anda: di kamar mandi, di dapur, di bawah tempat tidur. Selain itu, jangan lupa letakkan buku di tas sehingga Anda bisa membaca keduanya di angkutan umum atau di tengah waktu istirahat siang.

Yuk, ubah kebiasaan Anda dengan kegiatan yang lebih bermanfaat terutama bagi kesehatan. Tentunya kesehatan yang terjaga akan membuat hidup Anda lebih berkualitas.

[RS/ ]

0 Komentar

Belum ada komentar