Sukses

Mengapa Urine Beraroma Kopi?

Urine bisa beraroma kopi. Hal tersebut dapat terjadi karena alasan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tampilan dan aroma urine bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuh. Anda juga dapat mengetahui masalah kesehatan dari dua hal tersebut. Namun apa yang terjadi pada tubuh bila urine beraroma kopi?

Tentu, hal tersebut terjadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi kopi. Kopi mengandung senyawa polifenol yang memberi aroma khas. Jika dipecah di dalam tubuh, polifenol akan menjadi limbah yang disebut metabolit. Metabolit inilah yang menyebabkan urine beraroma kopi.

Selain itu, kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi bisa membuat Anda sering buang air kecil. Kafein memang disebut sebagai zat diuretik, yaitu zat yang membuat ginjal mengeluarkan cairan lebih banyak. Minum kopi secara berlebihan dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. Saat Anda mengalami dehidrasi, aroma urine akan lebih menyengat.

Oleh karena itu, Anda perlu membatasi asupan kopi. Minum kopi dengan takaran yang pas, sebanyak 2-3 gelas sehari, justru memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Kopi yang mengandung kafein dapat membantu meningkatkan level energi dan tingkat kecerdasan, melindungi Anda dari penyakit Alzheimer dan demensia, membantu meningkatkan asupan serat, dan masih banyak lagi.

Selain kopi, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membuat urine menjadi bau. Makanan dan minuman tersebut yaitu asparagus, ikan salmon, petai, jengkol, alkohol, dan bawang. Jika tidak ingin urine menjadi bau, Anda perlu menghindari makanan dan minuman tersebut.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar