Sukses

Pijat yang Efektif Atasi Badan Pegal Usai Olahraga

Anda pernah merasakan badan pegal setelah olahraga? Lakukan pijat ini untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Pijat ternyata mampu mengurangi nyeri otot dan badan pegal terutama setelah olahraga. Nyeri otot yang terjadi 24 jam setelah berolahraga disebut Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

Pijat sudah digunakan secara luas sebagai salah satu terapi untuk mengatasi cedera otot dan otot lelah.  Pada suatu studi di Journal of Orthopaedic and Sports Physical Therapy mendapatkan bahwa pijat yang dilakukan selama 30 menit dalam waktu 2 jam setelah olahraga, dapat mengurangi DOMS.

Namun tidak hanya itu, kombinasi antara pemanasan, peregangan otot juga memberikan efek yang signifikan terhadap DOMS.

Tapi pijatan yang dimaksudkan bukan sembarang pijat, melainkan ada jenis pijatan tertentu yang sudah terbukti secara ilmiah bermanfaat. Berikut beberapa jenis pijat yang sudah terbukti mampu mengurangi nyeri otot dan pegal:

  • Sports Massage

Sports massage tidak hanya terbatas untuk olahragawan saja. Pijat jenis ini digunakan untuk relaksasi pada sistem muskuloskeletal dan bertujuan untuk melepaskan ketegangan otot, menonaktifkan titik-titik nyeri, dan menegah DOMS.

  • Deep Tissue Massage

Deep tissue massage merupakan jenis pijat yang fokus pada lapisan otot bagian dalam. Pijat ini digunakan untuk mengembalikan jaringan otot ke bentuk yang normal.

Pijatan ini bekerja dengan menghancurkan perlengketan antara otot dengan lapisannya (adesi) dan meredakan nyeri. Selain itu, teknik pijatan ini juga dapat meningkatkan kelenturan otot.

Badan pegal terutama setelah olahraga ternyata dapat diatasi dengan pijat. Namun, melakukan pijat dengan teknik yang tidak benar, justru dapat mencederai otot, bahkan sendi Anda. Jadi, pastikan Anda melakukannya sennan benar.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar