Sukses

Latihan Penting untuk Kesehatan Sendi Lutut

Nyeri sendi dapat membatasi aktivitas seseorang. Karena itu, lakukan beberapa latihan ini untuk kesehatan sendi lutut Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Sendi lutut merupakan salah satu sendi yang paling penting dalam tubuh manusia. Apabila terjadi gangguan pada sendi lutut, maka rutinitas sehari-hari akan terhambat.

Salah satu contoh keadaan yang dapat mengganggu mobilitas manusia adalah perkapuran sendi lutut. Perkapuran sendi lutut (osteoartritis lutut) bisa menyebabkan kekakuan, nyeri, bengkak, dan ketidakstabilan sendi,  serta kelemahan otot, dimana seluruhnya dapat membatasi pergerakan.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih berat, latihan peregangan otot kaki dan penguatan otot terbukti bermanfaat. Latihan ini dapat mengurangi beban yang diterima sendi lutut dengan membuat sendi memiliki pergerakan yang penuh (range of motion).

Berikut ini beberapa jenis latihan untuk kesehatan sendi lutut Anda:

  1. Latihan peregangan otot kaki

Prinsip dari latihan peregangan otot kaki adalah satu gerakan peregangan (stretching) per grup otot. Tahan selama 30 detik dan ulangi sebanyak 3-4 set. Lakukan sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

Target otot yang harus diregangkan adalah otot kuadrisep (paha bagian depan), hamstring (paha bagian belakang), dan otot betis.

Untuk otot kuadrisep, lakukan gerakan standing quadriseps stretch. Sedangkan untuk otot hamstring Anda bisa melakukan gerakan supine hamstring stretch. Selanjutnya untuk untuk otot betis, lakukan gerakan teknik lunge stretching.

  1. Latihan Penguatan Otot Kaki

Untuk penguatan otot, prinsipnya adalah menggunakan sekitar 40-60% kekuatan otot maksimum. Lakukan hingga 8-10 repetisi dan ulang sebanyak 2-3 set. Anda bisa melakukan latihan ini 2-3 kali dalam seminggu.

Target otot yang dikuatkan adalah otot kuadrisep, hamstring, dan gluteus (otot bokong).

Jadi, lakukan latihan peregangan dan penguatan otot kaki secara rutin, arena tidak hanya bermanfaat bagi penderita osteoartritis lutut saja. Bila otot kaki kuat dan lentur, maka sendi lutut Anda akan tetap terjaga.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar