Sukses

Lakukan Ini Sebelum dan Sesudah Lembur Agar Tak Mudah Sakit

Lantaran kelelahan seorang mudah sakit sehabis bekerja lembur. Bagaimana mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi sering membuat seorang mengabaikan kesehatannya. Faktor kelelahan setelah bekerja lembur pun tak jarang menjadi penyebab karyawan mudah sakit.

Namun Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko ‘tumbang’ usai lembur. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Tidur sejenak

Bila Anda baru saja lembur, luangkan waktu untuk beristirahat. Jangan paksakan diri untuk terus beraktivitas. Pejamkan mata sejenak untuk mengembalikan kesegaran tubuh Anda.

Memaksa diri tetap bekerja dalam kondisi lelah dapat menurunkan kualitas pekerjaan.  Apalagi bika pekerjaan yang Anda lakukan memerlukan ketelitian dan terkait keselamatan orang lain. Luangkan juga waktu untuk beristirahat di tengah pekerjaan.

  1. Jangan lupa makan

Jangan lupakan asupan makanan setelah bekerja lembur. Tubuh memerlukan energi untuk bekerja dengan baik.

Bila terus bekerja tanpa memerhatikan asupan makanan, maka tubuh Anda tidak mendapatkan asupan yang cukup. Asupan nutrisi yang tidak cukup dapat membuat cadangan energi berkurang.

  1. Jaga status hidrasi Anda

Status hidrasi juga penting untuk diperhatikan. Minumlah secara berkala untuk menjaga cairan tubuh Anda. Hindari minuman berpemanis buatan karena dapat meningkatkan gula darah. Selain itu, dalam jangka panjang juga dapat berkontribusi terhadap peningkatan berat badan.

  1. Cuci muka

Untuk mengembalikan kesegaran tubuh, Anda dapat membasuh muka dengan air hangat. Berendam dengan air hangat juga bisa mengembalikan kesegaran dan mengurangi kepenatan. Tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi untuk membuat diri Anda lebih relaks.

Semoga beberapa kiat di atas bermanfaat bagi Anda yang kerap bekerja lembur. Tapi ingat, jangan paksakan diri untuk bekerja secara berlebihan dan selalu utamakan kesehatan Anda. Kondisi kesehatan tubuh yang prima akan membuat Anda lebih bersemangat dan gigih dalam meraih prestasi.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar