Sukses

Kiat Menghadapi Pasangan yang Selalu Curiga

Selalu dicurigai, terlebih oleh orang yang disayangi memang sangat menyebalkan. Berikut ini kiat menghadapi si dia yang selalu curiga.

Klikdokter.com, Jakarta Cemburu adalah bumbu dalam sebuah hubungan asmara. Kalimat itu nyatanya bukan bualan semata. Namun apa jadinya jika hubungan terlalu banyak ‘bumbu’ cemburu, bahkan terlalu banyak rasa curiga? Masihkah hubungan terasa indah?

Selalu dicurigai, terlebih oleh orang terdekat yang disayangi adalah satu hal yang sangat menyebalkan. Padahal Anda mungkin telah mencoba melakukan segala cara untuk tidak mencederai rasa percaya dari si dia. Namun yang terjadi malah rasa curiga yang terus menerus dan membuat Anda merasa selalu salah.

Hati-hati, bisa jadi pasangan Anda adalah seseorang yang mengidap Delusional Disorder of the Persecutory Type (DDPT). Mengutip Pshycologytoday, DDPT adalah kondisi dimana seseorang hidup dengan sebuah kepercayaan palsu yang sangat ia percayai. Seperti suami Anda yang merasa sangat yakin bahwa Anda sedang dalam sebuah konspirasi dengan seseorang untuk menyingkirkannya. Padahal hal itu sama sekali tidak benar.

Namun bukan berarti semua pasangan yang menaruh rasa curiga adalah pengidap DDPT. Sebab sebagian orang merasa curiga hanya karena dia memang benar-benar curiga dan merasa tidak aman. Dia beranggapan bahwa Anda mungkin akan menemukan seseorang yang lebih baik dari dirinya dan membuat Anda meninggalkannya. Jika hal tersebut yang terjadi, coba terapkan lima kiat berikut untuk menenangkan rasa curiga yang berlebihan tersebut.

1. Perkenalkan dia pada teman-teman Anda

Salah satu hal yang membuat pasangan Anda merasa curiga adalah dia merasa asing dan tidak ada di dunia Anda. Mungkin dia merasa tidak mengenal siapapun selain Anda, sehingga merasa tak aman dan selalu curiga. Dia pun tidak mengetahui bagaimana pergaulan Anda dan siapa saja teman Anda. Hal ini tentunya akan membuat pasangan tak henti memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi di tempat yang tak ia ketahui itu.

Nah agar perasaan curiga pasangan Anda tidak berlanjut, kenalkanlah ia pada teman-teman Anda. Pelan-pelan ajak dia berinteraksi dan ikut masuk ke dunia Anda.

2. Kenalkan juga pada teman yang berlawan jenis

Apabila Anda adalah orang dengan pergaulan yang luas, Anda pasti memiliki banyak teman baik pria maupun wanita. Hal itu juga bisa menjadi pemicu pasangan Anda merasa curiga.

Untuk menghindarinya, kenalkan juga pasangan Anda pada teman-teman yang berbeda lawan jenis dengan Anda. Dengan mengetahui bagaimana pola pertemanan antara Anda dan mereka, pasangan Anda tentu akan merasa lebih tenang saat dia tak ada di sekitar Anda. Sebab dia telah mengenali teman Anda dan merasa telah mengetahui apa saja yang kalian lakukan.

3. Terbukalah

Untuk menghindari konflik dan rasa curiga yang berlebihan, terbukalah pada pasangan Anda. Ceritakan semua hal pada dirinya dan katakan bahwa tak ada yang perlu dicurigai, dan tidak seharusnya rasa cemburu terus menyelimutinya.

Sebaliknya, Anda pun harus meminta pasangan untuk bercerita tentang kehidupan dirinya di luar Anda. Selain agar saling memahami, hal ini pun akan membuat dia merasa dirinya penting bagi diri Anda.

4. Atur batasan

Meski harus saling terbuka, namun bukan berarti tanpa batasan. Aturlah batasan yang jelas. Sehingga Anda berdua bisa ‘bernapas’ dan tetap jalan beriringan.

Termasuk saat mengenalkan dia pada teman-teman Anda, jangan lupa untuk membuat batasan. Terlebih jika mulai terlihat ada rasa tak nyaman di antara kedua pihak. Libatkan pasangan Anda secukupnya saja dalam pergaulan.

5. Tahu kapan harus pergi

Namun jika pasangan Anda tetap selalu curiga, bahkan setelah semua yang Anda lakukan, pergilah. Anda harus tahu batasan dan tahu kapan harus pergi. Bertahan dengan orang yang tidak sesuai harapan Anda memang hal yang sulit.

Tak hanya hubungan yang sulit berjalan, kondisi ini pun bisa memicu berbagai kondisi lain. Seperti depresi dan perasaan selalu bersalah dan selalu tertekan yang mungkin akan terus Anda dapatkan jika bertahan dengan pasangan yang terlalu merasa curiga.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar