Sukses

Benarkah MSG Bisa Bikin Sakit Kepala?

MSG kerap dijadikan kambing hitam ketika seseorang merasa sakit kepala usai mengonsumsi makanan tertentu.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara menghindari serangan sakit kepala datang di kemudian hari  adalah dengan menjauhi segala pencetusnya. Monosodium Glutamat (MSG) merupakan salah satu pencetus sakit kepala yang diyakini banyak orang harus dihindari.

MSG merupakan bahan tambahan dalam makanan yang komposisi utamanya terdiri dari sodium atau garam dan asam amino glutamate. Kedua zat ini banyak dibubuhkan dalam masakan karena mampu menambah rasa asin dan memperkuat rasa aslinya.

Namun, di balik kemampuan MSG dalam meningkatkan citarasa masakan, banyak orang yang percaya bahwa konsumsi MSG bisa menimbulkan sakit kepala.

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2010 untuk menyelidiki hubungan antara MSG dengan sakit kepala. Hasilnya, kedua hal tersebut memang terbukti berhubungan.

Ada lebih banyak keluhan sakit kepala dari mereka yang mengonsumsi makanan dengan kandungan MSG dibandingkan dengan yang mengkonsumsi makanan tanpa MSG. Meski demikian, hubungan antara MSG dan sakit kepala ini diduga dipengaruhi oleh beberapa hal.

Kadar MSG dalam suatu makanan

Salah satu yang memengaruhi timbul atau tidaknya sakit kepala adalah jumlah MSG dalam makanan. Sayangnya, hingga saat ini belum ada penelitian yang merumuskan jumlah MSG dalam makanan yang bisa memicu sakit kepala.

Tapi jika Anda termasuk yang kerap mengalami sakit kepala usai mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, sebaiknya hindari saja. Bila tidak memungkinkan Anda dapat mencoba mengurangi kadarnya sedikit demi sedikit.

Sensitivitas individu

Selain kadar MSG dalam masakan, sensitivitas masing-masing orang juga disebu-sebut berpengaruh pada munculnya sakit kepala. Bila orang tersebut tergolong sangat sensitif, penambahan MSG sedikit saja sudah mampu mencetuskan sakit kepala.

Hubungan antara MSG dan sakit kepala memang masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Kendati demikian, tidak ada salahnya mengevaluasi kebiasaan makan Anda sehari-hari yang menjadi pencetus sakit kepala dan Anda akan selalu terhindar dari serangannya.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar