Sukses

Kiat Menghindari Sakit Punggung bagi Karyawan Kantoran

Sakit punggung yang kerap menyerang karyawan kantoran sesungguhnya dapat dicegah dengan beberapa kiat berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat menjalankan tugas sebagai karyawan kantoran, Anda pernah atau sedang mengalami sakit punggung? Tidak usah khawatir. Karyawan kantoran memang cukup sering mengalaminya. Keluhan tersebut kerap berhubungan dengan kebiasaan Anda yang harus bekerja dalam waktu lama di depan komputer.

Kabar baiknya, sakit punggung yang selalu mengganggu aktivitas sehari-hari sesungguhnya dapat dicegah. Berikut ini kiat agar Anda tidak terkena sakit punggung akibat lama bekerja di kantor.

  • Menyangga punggung dengan baik

Aturlah ukuran sandaran kursi kerja Anda supaya pas di punggung. Ukuran sandaran kursi yang pas dapat mengurangi ketegangan di punggung Anda. Posisi lutut Anda harus sedikit lebih rendah dari pinggul Anda. Anda dapat menggunakan penyangga kaki jika memang diperlukan.

  • Mengatur posisi kursi

Aturlah ketinggian kursi agar Anda bisa mengetik dengan pergelangan tangan dan lengan sejajar dengan meja. Siku Anda harus berada di sisi tubuh supaya posisi lengan membentuk sudut 900 di persendian siku.

  • Mengistirahatkan kaki di atas lantai

Langkah berikutnya untuk mencegah sakit punggung yaitu Anda harus memosisikan kaki dengan rata di atas lantai. Buatlah posisi kaki yang nyaman untuk Anda, bila perlu menggunakan ganjalan kaki. Jangan menyilangkan kaki karena bisa menyebabkan gangguan postur tubuh.

  • Memosisikan layar komputer sejajar dengan mata

Posisi layar komputer harus tepat di depan Anda. Letakkan layar dengan jarak kurang lebih sepanjang lengan tangan Anda dan bagian atas layar setinggi mata Anda.

  • Letakkan mouse sedekat mungkin

Posisikan mouse sedekat mungkin dengan Anda agar tidak membuat Anda membungkuk.

  • Melihat sejelas mungkin

Pastikan diri Anda bisa membaca tulisan di layar sebaik mungkin. Jangan sampai Anda harus membungkuk karena kesulitan membaca tulisan yang kurang jelas. Kalau perlu gunakan alat bantu seperti kacamata.

  • Memosisikan keyboard dengan tepat

Posisikan keyboard tepat di depan Anda saat mengetik. Beri jarak keyboard sekitar 10-15 cm dari bagian depan meja, agar ada ruang untuk menjadi tempat sandaran pergelangan tangan Anda saat mengetik.

  • Pastikan jarak benda terjangkau

Posisikan benda yang sering Anda gunakan terjangkau oleh tangan, sehingga mudah saat akan mengambilnya. Contohnya benda seperti telepon, pulpen, dan sebagainya.

  • Ambil waktu jeda

Jangan duduk dengan posisi yang sama dalam waktu lama. Pastikan Anda mengubah postur tubuh sesering mungkin. Selalu meluangkan waktu untuk istirahat sejenak bisa memberikan dampak baik bagi punggung, karena bisa membuat otot-otot tidak tegang.

Kalau Anda masih sering sakit punggung usai bekerja di kantor, bisa jadi Anda belum melakukan beberapa kiat di atas. Cobalah untuk melakukannya guna mencegah sakit pinggang yang bisa saja mengurangi produktivitas kerja karyawan kantoran seperti Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar