Sukses

Mengapa Orang Senang Nonton Film Horor?

Baru-baru ini pecinta film Indonesia heboh dengan ditayangkannya film Pengabdi Setan karya Joko Anwar. Mengapa film horor begitu digemari?

Klikdokter.com, Jakarta Dengan banyaknya film horor yang tayang di bioskop, tidak dapat dipungkiri bahwa genre ini merupakan salah satu yang menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Salah satu film yang masih heboh diperbincangkan adalah film Pengabdi Setan garapan Joko Anwar.

Namun, adakah penjelasan di bidang psikologi mengenai mengapa banyak orang menyukai film horor?

Menurut artikel dari Journal of Media Psychology, para pakar menjelaskan bahwa terdapat tiga faktor utama yang membuat menonton film horor menjadi suatu hal yang menarik bagi sebagian orang.

Yang pertama adalah rasa penasaran yang muncul akibat misteri, teror, dan elemen yang membuat seseorang menjadi terkejut. Kedua, rasa relevansi dimana seseorang yang menonton film tersebut mencoba untuk menempatkan diri dalam situasi tersebut dan merasakan apa yang dirasakan oleh pemeran. Faktor ketiga adalah ketidaknyataan, bahwa seseorang yang menonton film horor mengetahui hal tersebut bukanlah dunia nyata, dan tidak merasakan rasa takut yang sebenarnya.

Jeffrey Goldstein, seorang profesor di bidang psikologi yang mendalami bidang hiburan, menyampaikan bahwa rasa takut dapat dibagi menjadi dua, yaitu rasa takut yang sebenarnya dan rasa takut yang timbul akibat suatu hal yang secara sadar diketahui tidak nyata.

Selain itu, menurut artikel yang dilansir dari CNN.com dikatakan bahwa film horor memiliki efek positif bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan kemampuan untuk melawan stres, membantu pembakaran kalori yang lebih cepat, serta meningkatkan aktivitas otak.

Film horor dianggap dapat membantu seseorang untuk mengatasi kondisi stres yang dihadapi dalam kegiatan sehari-hari. Selain itu, menonton film horor juga melatih pikiran seseorang untuk menjadi lebih sigap dan waspada.

Secara kesimpulan, terdapat banyak faktor yang dapat menjelaskan mengapa orang menyukai menonton film horor. Berbagai orang memiliki banyak alasan yang berbeda-beda mengenai hal ini.

Namun, satu hal yang dapat dipastikan adalah menonton film horor seperti film Pengabdi Setan karya sutradara Joko Anwar, merupakan salah satu aktivitas hiburan yang dapat melepas kejenuhan, bila Anda menyukainya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar