Sukses

Kiat agar Tubuh Bebas dari Dehidrasi

Cuaca terik atau kelembapan yang tinggi, dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Bagaimana cara mencegahnya?

Klikdokter.com, Jakarta Musim kemarau yang cerah umumnya dikaitkan dengan berbagai aktivitas menyenangkan, termasuk berlibur ke pantai dan menikmati sinar matahari. Namun, ternyata di balik itu semua, cuaca terik dapat menimbulkan dehidrasi atau kurangnya cairan dalam tubuh.

Tapi tahukah Anda bahwa dehidrasi tidak hanya bisa terjadi di musim kemarau saat cuaca terik. Menjelang musim hujan, seperti saat ini pun, dimana terkadang cuaca terasa begitu lembap, Anda juga bisa mengalami dehidrasi

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu mencegah dehidrasi:

  1. Minum cukup air mineral

Salah satu hal terpenting dalam mencegah kekurangan cairan adalah mengonsumsi air minum secara teratur.

Ada beberapa cara untuk memastikan hal ini, salah satunya adalah dengan membawa botol minum di dalam tas agar Anda tidak kesulitan untuk mencari air minum. Dengan ini, Anda dapat terhindar dari kemungkinan terjadinya dehidrasi.

  1. Gunakan pakaian berwarna cerah

Pakaian berwarna muda ideal untuk dikenakan pada cuaca terik, karena pakaian gelap lebih mudah mengabsorpsi daya panas. Mengenakan pakaian gelap dapat membuat Anda lebih mudah berkeringat dan lebih banyak kehilangan banyak cairan tubuh.

  1. Batasi asupan kafein dan alkohol

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat meningkatkan produksi urine pada tubuh. Bila tidak diimbangi dengan asupan air minum yang cukup, dapat mempercepat terjadinya dehidrasi.

  1. Konsumsi makanan yang tepat

Beberapa jenis makanan dapat membantu Anda menjaga suhu tubuh. Sebagai contoh, mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran merupakan salah satu pilihan yang tepat, karena lebih mudah dicerna dan memiliki kandungan air yang tinggi.

Pilihan menu seperti salad atau jus buah dapat membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Cuaca terik saat musim kemarau atau kelembapan yang tinggi di musim hujan, dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Terapkan strategi di atas, agar terhindar dari dehidrasi dan tetap memiliki energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar