Sukses

Kiat Penuhi Kebutuhan Serat Anak yang Tak Suka Sayur

Kebanyakan anak tak suka makan sayur. Lalu, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan serat mereka?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu masalah makan pada anak adalah susah makan sayur. Ini membuat kebutuhan serat anak-anak biasanya sangat kurang. Padahal serat, zat yang terkandung dalam sayur, sangat penting bagi tumbuh kembang seorang anak.

Dalam jurnal Gizi dan Pangan di bulan Maret 2014 dijelaskan, anak Indonesia hanya mengonsumsi setengah dari porsi serat yang dianjurkan sesuai dengan usianya. Sementara itu, kebutuhan serat anak per harinya mencapai 19–25 gram.

Serat tak hanya penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Serat juga dapat membantu kadar gula darah anak tetap stabil sehingga anak dapat berkonsentrasi lebih lama.

Oleh karena itu, bila anak Anda susah makan sayur, inilah saatnya untuk segera mencari cara agar kebutuhan seratnya dapat terpenuhi. Berikut beberapa kiat yang dapat Anda terapkan agar anak menyenangi sayur:

  • Perkenalkan sayur sedikit demi sedikit dan lakukan berulang kali. Tapi ingat, jangan memaksa. Anda dapat memulainya dengan sayur yang memiliki warna menarik –seperti wortel, jagung, atau kacang merah.
  • Kombinasikan pemberian sayur dengan sumber makanan lainnya seperti karbohidrat, protein, dan lemak dalam satu menu makanan dan variasi makanan lainnya.
  • Saat menyajikan sayur pada anak, jelaskan juga mengenai manfaat dari sayur tersebut. Misalnya dapat membuat anak lebih kuat. Anda juga dapat mengajak anak melihat langsung penanaman sayur di kebun.
  • Usahakan untuk menyajikan sayuran yang masih segar. Aroma sayur yang tidak segar seperti bau asam akan membuat anak tidak ingin mengonsumsinya.
  • Bersama-sama makan dengan orang tua. Cara ini dapat membuat anak lebih tertarik untuk makan sayur, karena anak cenderung meniru perilaku orang tua mereka.
  • Buat camilan dari sayur dalam bentuk finger food. Sajikan dengan saus yang bisa Anda olah dari tomat, keju, atau mayones agar lebih enak.

Terkadang anak tidak suka sayur karena rasanya yang hambar. Agar rasanya lebih enak, Anda dapat mengolah serat menjadi sup, mie sayur, smoothies, dan sebagainya. Jika bingung, Anda dapat melihat resep-resep makanan berserat yang ada di internet untuk membantu.

Diharapkan kiat-kiat di atas dapat membuat anak lebih mengenal cita rasa sayur dan tidak pilih-pilih makanan. Sehingga kebutuhan seratnya dapat terpenuhi dengan baik. 

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar