Sukses

Kiat Memilih Stroller yang Aman untuk si Kecil

Memilih stroller sebaiknya tak hanya nyaman, tapi juga harus aman. Hindari stroller yang membahayakan anak sekaligus Anda. Ini Tipsnya!

Memilih stroller atau kereta dorong anak adalah salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum kehadiran si Kecil. Karena fungsinya penting untuk mengakomodasi si Kecil dan  juga kenyamanan Anda, sangat penting untuk selektif dalam memilih stroller.

Sebelum membeli, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor. Tidak hanya model, ukuran, dan warna, pilihlah stroller bayi yang aman saat nanti digunakan. Hal ini juga penting agar stroller dapat mempermudah aktivitas Anda bersama anak.

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya Anda mengecek langsung kereta dorong anak dari beberapa jenis dan merek. Beda jenis dan merek biasanya akan menawarkan fitur dan perlengkapan yang berbeda pula.

Artikel lainnya: 6 Tanda Baby Stroller Anda Tidak Cukup Bersih

1 dari 2 halaman

Cara Memilih Stroller Bayi

Untuk menentukan faktor penting dan utama saat memilih stroller bayi, beberapa poin ini dapat membantu Anda:

  • Tingkat Kenyamanan

Anda dan pasangan (atau baby sitter jika ada) adalah orang yang akan paling sering memegang stroller tersebut. Jadi, dipastikan bahwa Anda dan orang yang menjaga bayi cukup nyaman saat menggunakannya.

Tingkat kenyamanan ini bisa bergantung pada seberapa tinggi tubuh Anda dibandingkan dengan pegangan stroller. Selain itu, perhatikan juga kemudahan saat Anda melangkah untuk mendorongnya.

  • Tempat Tinggal

Jika Anda tinggal di perkotaan, punya mobilitas tinggi, dan akan sering membawa anak jalan-jalan, Anda perlu stroller dengan kemampuan manuver yang baik. Anda juga dapat memilih kereta dorong yang mudah untuk dilipat dengan cepat dan ringkas.

Stroller yang ringan juga dapat menjadi pilihan jika area tempat tinggal melewati banyak anak tangga. Anda pun akan dimudahkan saat akan mengangkat stroller.

Jika Anda tinggal di area dengan jalan yang kurang mulus, Anda dapat memilih stroller dengan roda yang lebih besar dan tebal serta yang memiliki pegas lebih besar. Hal ini akan menjaga kenyamanan anak saat melewati jalan yang kasar.

  • Gaya Hidup

Kehadiran anak tentu akan berpengaruh pada aktivitas Anda. Bagi yang rutin berolahraga, misalnya, mungkin Anda ingin mengajak anak untuk ikut serta dalam rutinitas.

Untuk mengakomodasi hal ini, Anda dapat memilih kereta dorong yang memiliki kantong untuk meletakkan barang, peneduh dari cahaya matahari, atau tempat untuk meletakkan botol minum.

Jenis umbrella stroller atau jogging stroller yang dilengkapi dengan mekanisme kontrol yang fleksibel adalah pilihan yang tepat.

Artikel lainnya: Mana Lebih Baik, Menggendong Bayi atau Menggunakan Stroller?

  • Usia Bayi

Anda juga harus mengetahui kapan stroller tersebut akan digunakan. Misalnya, jika Anda akan langsung menggunakannya saat bayi baru lahir, maka pilihlah stroller yang memiliki sandaran kepala.

Pastikan sandaran kepala tersebut dapat direbahkan hingga mendekati sudut 180 derajat. Jangan sampai salah pilih karena jenis umbrellla stroller atau jogging stroller tidak punya sandaran punggung dan kepala yang dianjurkan untuk bayi baru lahir.

  • Mobilitas

Stroller yang kompatibel dengan kursi mobil bayi mungkin juga menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sangat sering bepergian menggunakan kendaraan.

Stroller yang dapat dipasangkan dengan kursi mobil akan memudahkan dalam memindahkan anak dari mobil ke stroller ataupun sebaliknya. Misalnya saat anak tertidur pulas.

Pastikan kursi duduk bayi yang Anda miliki cocok dengan stroller tersebut. Anda juga dapat membelinya secara set untuk memastikannya bekerja dengan sempurna. 

  • Kebutuhan Khusus

Dalam beberapa kondisi, mungkin Anda sebaiknya membeli stroller hingga anak lahir. Misalnya dalam kasus bayi yang lahir dengan kebutuhan khusus atau sepasang anak kembar, Anda memerlukan stroller yang memiliki banyak tempat penyimpanan.

Mungkin saja Anda akan butuh membawa alat monitor jantung atau oksigen, atau twin stroller untuk si kembar.

  • Dana

Hal ini juga penting untuk Anda pertimbangkan. Semakin hebat dan lengkap fitur sebuah stroller, tentu akan semakin mahal harganya. Oleh karena itu, tentukan dengan tepat prioritas utama Anda bagi si kecil.

Pastikan harga yang Anda bayar menunjang seluruh kebutuhan utama si Kecil, dengan tidak mengompromikan keamanan stroller tersebut.

Berkaitan dengan harga, pertimbangkan juga jangka waktu pemakaiannya. Beberapa stroller, meskipun mahal, umur pakainya lebih panjang alias awet. Benda ini bisa dimanfaatkan untuk sang adik yang akan hadir kelak.

Memang, tidak semua keluarga membutuhkan stroller. Tapi, penggunaan stroller tentu dapat memudahkan dan menunjang aktivitas Anda bersama si Kecil. Ingatlah, mahal belum tentu pas untuk Anda. Sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda dan si Kecil. Cari tahu tips seputar anak lainnya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/RPA]

0 Komentar

Belum ada komentar