Sukses

Kenapa Pakai Sepatu Wajib Kenakan Kaus Kaki?

Sering pakai sepatu tanpa kaus kaki? Inilah yang akan terjadi pada kaki Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini sudah menjadi kebiasaan orang menggunakan sepatu tanpa kaus kaki. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa kebiasaan menggunakan sepatu tanpa kaus kaki ini tidak baik bagi kesehatan?

Menurut College of Podiatry, kombinasi dari keringat, bahan sepatu yang pengap, dan tidak adanya kaus kaki dapat menyebabkan infeksi jamur. Hal ini bisa terjadi karena kaki adalah salah satu bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat.

“Banyak sepatu yang tersedia hari ini mungkin memiliki bagian atas kulit tapi dilapisi oleh bahan sintetis yang tidak baik untuk kulit. Lapisan ini membuat kulit tidak dapat bernafas dengan baik, sehingga membuat kulit lembap, serta berkembangnya bakteri yang akan terperangkap di dalam sepatu,” kata podiatrist Emma Stevenson.

“Kelembapan yang terjadi di kaki bisa membuat Anda rentan terhadap infeksi jamur seperti kaki atlet. Rata-rata kaki Anda biasanya akan berkeringat setengah liter per hari. Banyak keringat yang harus dicurahkan langsung ke sepatu tanpa diserap oleh kaus kaki,” sambungnya.

Selain itu, Emma mengungkapkan, jika material sepatu terbuat dari bahan yang kurang baik, menggunakan sepatu tanpa kaus kaki bisa menimbulkan lecet, kulit mengelupas hingga berkembangnya infeksi jamur.

Karena fenomena ini masih dalam tahap awal, penelitian belum dilakukan untuk menetapkan dampak sebenarnya dari masalah ini. Namun, kombinasi keringat yang berlebihan dan tidak adanya kaus kaki dapat menciptakan lingkungan ideal di mana jamur dapat berkembang dan menyebabkan kaki berbau.

Mengenakan kaus kaki membuat keringat tidak diserap oleh sepatu. Dengan begitu, Anda dapat menghambat perkembangan bakteri di dalam sepatu.  Melihat banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan apabila tidak menggunakan kaus kaki, masih tertarik menggunakan sepatu tanpa kaus kaki?

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar