Sukses

Waspadalah, Kosmestik Kedaluwarsa Bisa Bahayakan Kulit Anda

Inilah yang terjadi pada kulit Anda saat tidak sengaja menggunakan kosmetik kedaluwarsa.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian besar wanita tentu gemar berbelanja kosmetik seperti bedak, lipstik, pensil alis, dan sebagainya. Bahkan, ada beberapa wanita yang mengoleksi kosmetik. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan itu. Yang jadi masalah adalah bila Anda tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsanya, sehingga secara tidak sengaja memakai kosmetik kedaluwarsa.

Menurut DailyMail, penggunaan kosmetik yang melebihi batas waktu yang ditetapkan dapat mengancam kesehatan. Sama seperti makanan, kosmetik yang sudah kedaluwarsa dapat membahayakan kesehatan.

Berdasarkan pernyataan dr. Theresia Rina Yunita, kosmetik yang sudah kedaluwarsa telah kehilangan fungsi optimalnya. Selain itu, kosmetik yang sudah kedaluwarsa adalah media bagi pertumbuhan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat, kemerahan, dan masalah kulit lainnya pada wajah.

Selain itu, kosmetik kedaluwarsa yang mengenai mata dapat menyebabkan infeksi dan mata merah. Menggunakan lipstik yang sudah kedaluwarsa juga bisa menyebabkan pembengkakan.

Anda juga perlu menaruh perhatian khusus terhadap produk kosmetik yang terbuat dari bahan alami yang cenderung memiliki daya tahan lebih pendek karena tidak memiliki kandungan pengawet. Kosmetik yang memiliki bahan alami juga berpotensi memiliki tingkat bakteri yang lebih tinggi saat sudah kedaluwarsa.

Menurut dr. Karin Wiradarma, pada umumnya, kosmetik seperti eyeshadow, blush on, concealer, foundation, dan primer memiliki masa kedaluwarsa 36 bulan. Sementara itu lipstik dan lipgloss memiliki masa kedaluwarsa 30 bulan. Sedangkan maskara dan eyeliner memiliki masa kedaluwarsa 24 bulan, serta bedak tabur punya masa kedaluwarsa 60 bulan.

Demi menjaga kulit tetap sehat, Anda harus mengganti kosmetik secara rutin, sesuai dengan masa kedaluwarsa masing-masing jenis kosmetik. Jangan lupa untuk selalu menyeleksi produk kosmetik di rumah setiap enam bulan sekali. Bila ada kosmetik kedaluwarsa, jangan ragu untuk membuangnya.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar