Sukses

Pentingnya Penuhi Kebutuhan Cairan Saat Olahraga

Agar hasil dari olahraga yang Anda lakukan lebih maksimal, memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jangan salah, kegiatan sehat ini tetap harus dilakukan dengan cara yang tepat. Salah satu yang wajib diperhatikan adalah menjaga kebutuhan cairan tetap terpenuhi.

Perlu Anda ketahui, memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari merupakan hal yang sangat penting untuk:

  1. Membantu Anda menjaga keseimbangan suhu tubuh.
  2. Sebagai pelumas sendi.
  3. Membantu pembuangan racun dari dalam tubuh melalui berkemih, keringat, dan pergerakan saluran usus.
  4. Menjaga saraf tulang belakang, dan jaringan lunak tubuh lainnya.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh tak hanya dengan minum air saja. Anda juga dapat melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang kaya cairan, seperti sup daging, atau buah semangka.

Kebutuhan cairan saat olahraga

Olahraga membuat kebutuhan cairan tubuh meningkat. Untuk memenuhinya, Anda harus minum sebelum, saat, dan setelah berolahraga. Berikut takaran kebutuhan cairan yang dapat Anda jadikan patokan:

  • 1-2 jam sebelum olahraga, minumlah kurang lebih 450-600 mL air.
  • 15 menit sebelum mulai olahraga, minumlah kurang lebih 250-300 mL air.
  • Selama berolahraga, minumlah lagi kurang lebih 250 mL air setiap 15 menit.

Anda mungkin butuh minum lebih banyak, khususnya jika sedang berolahraga di luar ruangan yang memiliki cuaca panas.

Selain memperhatikan hal di atas, Anda juga disarankan untuk menimbang berat badan sebelum dan sesudah berolahraga. Sebab, setiap 0,5 kg berat badan yang berkurang harus digantikan dengan 470-600 mL cairan. Artinya, ketika Anda mengalami penurunan berat badan setelah berolahraga, berarti Anda harus minum lebih banyak di waktu berolahraga berikutnya.

Perlukah minuman khusus untuk memenuhi kebutuhan cairan selama berolahraga? Tidak, kecuali Anda berolahraga dalam jangka waktu yang lama. Jika Anda hanya berolahraga kurang dari 1 jam, maka kebutuhan cairan dapat dipenuhi hanya dengan minum air.

Sekarang Anda sudah tahu perkiraan kebutuhan cairan yang harus dipenuhi saat berolahraga. Jangan sampai lupa untuk melakukannya, agar olahraga yang Anda lakukan memberikan hasil yang lebih maksimal!

(NB)

0 Komentar

Belum ada komentar