Sukses

Sering Dengar Lagu dengan Headset, Bahayakan Pendengaran?

Jangan gunakan headset terlalu lama karena akan membahayakan pendengaran Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang sering mendengarkan musik melalui headset, sepertinya Anda harus lebih waspada. Menurut penelitian, pendengaran Anda bisa bermasalah jika terlalu lama menggunakannya.

American Osteopathic Association menyebutkan, 1 dari 5 remaja memiliki gangguan pendengaran. Tanda bahwa kemampuan pendengaran Anda bermasalah adalah adanya dengungan di telinga usai menggunakan headset.

Pastikan bahwa Anda tidak menaikkan volume suara di atas 60 persen. Aturan praktisnya, Anda harus bisa mendengar percakapan yang terjadi di sekitar. Headset gaya lama yang menutupi telinga dianggap lebih aman untuk pendengaran daripada headset yang langsung mengarah ke gendang telinga.

Sementara itu, Medical Research Council Institute of Hearing Research mengungkapkan, mendengarkan musik lebih dari 105 desibel selama 15 menit bisa merusak pendengaran. Suara keras yang ditimbulkan dari headset bisa menyebabkan rusaknya stereosilia (bulu-bulu mungil yang berada di atas sel-sel rambut di telinga bagian dalam).

Kebisingan ini membuat stereosilia bergetar sehingga mengubah voltase di sel rambut, yang kemudian mengirimkan pesan kimia melalui saraf ke otak untuk merusak stereosilia.

Bahkan, Occupational Safety and Health Administration telah lama mengetahui bahwa polusi suara adalah salah satu penyebab gangguan pendengaran yang paling umum terjadi pada orang dewasa. Dalam beberapa dekade terakhir, polusi suara yang berlebihan ini berasal dari headset. Polusi suara yang dihasilkan oleh headset tampaknya lebih merusak ketimbang mendengarkan suara dari sound system.

David A. Schessel, MD, PhD dari Otolaryngology-Head and Neck Surgery Division mengungkapkan, anak-anak atau remaja yang mendengarkan musik melalui headset dalam jangka waktu yang lama lebih rentan mengalami gangguan pendengaran permanen.

Mendengarkan musik dengan headset yang dianggap aman adalah di bawah 85 desibel. Menurut Schessel, seseorang yang terkena suara lebih dari 90 desibel selama 8 jam per hari, kemungkinan besar akan mengalami gangguan pendengaran.

Pada dasarnya, penggunaan headset tidak menimbulkan masalah pada pendengaran Anda, apabila tingkat kenyaringan suaranya tidak terlampau tinggi. Namun yang pasti, usahakan untuk tidak menggunakan headset terlalu lama.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar