Sukses

Mengunyah Permen Karet Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan

Ada banyak manfaat kesehatan di balik aktivitas mengunyah permen karet bebas gula.

Klikdokter.com, Jakarta Mengunyah permen karet bukan sekadar aktivitas untuk mengisi waktu luang. Telah banyak bukti mengungkapkan bahwa kegiatan ini ternyata juga mendatangkan hal positif bagi kesehatan tubuh.

Journal of Irish Dental Association, 2012, merupakan salah satu penelitian yang telah membuktikan manfaat mengunyah permen karet. Jurnal tersebut mengatakan bahwa manfaat paling utama mengunyah permen karet bebas gula adalah mencegah karies gigi. Gerakan mengunyah permen karet bebas gula menyebabkan produksi air liur mengalir deras, sehingga sangat menguntungkan bagi kesehatan gigi Anda.

Secara lebih spesifik, aliran air liur yang deras membantu dalam pembersihan rongga mulut dari plak gigi dan sisa makanan yang menempel. Aliran air liur yang deras juga membantu menetralkan pH plak gigi setelah mengonsumsi gula. Alhasil, proses remineralisasi untuk mencegah karies dini semakin meningkat.

Manfaat lain dari mengunyah permen karet bebas gula yaitu dapat mengurangi noda atau stain ekstrinsik (perubahan warna yang terjadi di permukaan gigi dari faktor luar, misalnya tembakau, kopi, pewarna makanan atau minuman, dan lainnya).

Journal of Dental Hygiene, American of Dental Hygienists Association, 2004, mengatakan, permen karet yang mengandung sodium hexametaphosphate terbukti bisa mencegah stain (noda yang menempel di gigi). Contoh lain mengunyah permen karet yang mengandung fluoride, selama 15 menit, terbukti bisa membantu proses remineralisasi. Remineralisasi dapat mengurangi terjadinya karies dini.

Selain itu, mengunyah permen karet dapat menghilangkan bau mulut akibat memakan makanan yang berbau tak sedap. Mengunyah permen karet juga bisa mencegah kantuk saat bekerja, belajar, atau ketika mengemudikan kendaraan. Jadi, permen karet bebas gula dapat menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai kopi karena lambung tidak kuat.

Proses mengunyah pun memberikan manfaat yaitu membuat Anda terjaga dan tetap konsentrasi. Alhasil, kegiatan ini dapat memengaruhi fungsi otak dan meningkatkan kemampuan kognitif. Bahkan, mengunyah permen karet pada usia lanjut dikatakan dapat meringankan sakit kepala, serta mencegah demensia (kepikunan) dan penyakit Alzheimer.

Mulai sekarang Anda bisa menyediakan permen karet bebas gula di kantung celana atau tas Anda. Sebab, mengunyah permen karet bebas gula ternyata memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar