Sukses

Cara Efektif Cegah Penuaan Dini pada Kulit

Penuaan pada kulit memang tak dapat dihindari, tapi masih bisa ditunda, lho.

Klikdokter.com, Jakarta Gaya hidup masa kini, saat ini di Indonesia merupakan penyumbang terbesar penyebab penuaan dini pada kulit. Dengan berkembangnya gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan dan minuman cepat saji hingga kebiasaan begadang, pada usia 20 pun Anda bisa mengalami penuaan dini.

Pada acara peluncuran Kinohimitsu J’Pan Collagen Diamond Drink Kamis (19/10/2017) lalu, Riani Lie selaku Brand Manager Kinohimitsu Indonesia mengatakan penuaan dapat terjadi secara cepat, tergantung faktor eksternal dan dan internal. “Yang paling sering terabaikan adalah soal faktor internal, yaitu apa yang dikonsumsi ke dalam tubuh,” ucap Riani.

Menurut dr. Fitria Amalia Umar, Sp.KK, M.Kes sebagai spesialis kulit, penuaan dini pada kulit ditandai dengan adanya kerutan, perubahan warna kulit menjadi terlihat kusam, kulit yang menjadi kering, serta timbulnya flek karena pecahnya pembuluh darah dalam lapisan kulit.

Penyebab dari terjadinya penuaan dini pun bermacam-macam. “Penuaan dini bisa juga disebabkan oleh faktor dari dalam tubuh, yaitu adanya turunan secara genetik, ras, hormon, serta menurunnya produksi kolagen dalam tubuh,” ucap dr. Fitria.

Selain itu, pengaruh gaya hidup dan keseharian juga turut memicu terjadinya penuaan dini. Faktor dari luar antara lain paparan sinar matahari yang terlalu lama, polusi udara dari rokok atau asap kendaraan, serta gaya hidup yang tidak sehat. Meskipun Anda hanya terkena sinar matahari beberapa menit saja, jika terjadi setiap hari ternyata juga dapat merusak kulit.

Faktor-faktor tersebut menurut dr. Fitria dapat menurunkan produksi prokolagen 1 dan 3 di dalam tubuh, sehingga terjadi penuaan dini dan elastisitas kulit berkurang.

“Kolagen adalah penyumbang protein terbesar bagi tubuh. Sekitar 70% struktur kulit terdapat kolagen. Jika tidak menjaga diri, maka produksi kolagen akan turun 1-2% setiap tahunnya,” tambah dr. Fitria.

Menurut dr. Fitria, untuk memperlambat proses penuaan tersebut, Anda dapat melakukan kiat-kiat sebagai berikut:

  1. Menu makanan seimbang

Konsumsilah menu makanan seimbang yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin A dan  C seperti ikan, daging merah, keju, kacang, brokoli, kol, labu, wortel dan tomat.

  1. Cukup minum air putih dan tidur cukup

Dengan memenuhi kebutuhah pasokan air mineral ke dalam tubuh, Anda juga turut menjaga kesehatan kulit. Jadi, minumlah air mineral delapan gelas sehari untuk mendapatkan hidrasi yang cukup di dalam tubuh. Usahakan juga untuk tidur cukup agar kulit tidak cepat berkeriput.

  1. Hindari paparan sinar matahari dan polusi udara

Selalu lindungi kulit Anda saat harus beraktivitas di luar ruangan agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, untuk melindungi kulit dari kekeringan. Selain itu, hindarkan diri Anda dari asap rokok ataupun asap kendaraan. Gunakanlah masker saat berkendara.

  1. Konsumsi suplemen

Untuk perawatan kulit yang maksimal, kulit Anda membutuhkan suplemen agar keremajaannya tetap terjaga. Menurut dr. Fitria, kebutuhan tubuh akan kolagen adalah 1000-5000 mg dalam setiap harinya dan bisa diperoleh lewat konsumsi suplemen. Tentunya, pilih suplemen yang berguna bagi keseluruhan tubuh Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan dan kelembapan kulit, lakukanlah kiat-kiat di atas secara teratur. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit senantiasa kenyal dan sehat. Yuk, jaga kesehatan kulit sejak dini!

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar