Sukses

Jalankan Pola Hidup Sehat agar Kantong Tetap Sehat

Hidup sehat tanpa menguras kantong ternyata dapat Anda lakukan dengan mudah. Yuk, intip caranya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Istilah sehat itu mahal rupanya bukan hanya bualan belaka. Pasalnya, saat Anda tidak menjaga kesehatan, tak menutup kemungkinan kantong akan ‘jebol’ untuk menanggung biaya pengobatan. Hal itulah yang menjadikan gaya hidup sehat penting diterapkan bagi Anda dan keluarga.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut pada tahun 2020 nanti, sebanyak tiga perempat kematian di negara berkembang mungkin disebabkan oleh penyakit kritis. Ada tiga penyakit kritis yang masih merajai dengan persentase cukup tinggi, yakni penyakit jantung (70%), stroke (75%) dan diabetes (70%).

Artinya, menurut pengamatan WHO akan ada semakin banyak orang yang mungkin akan terserang penyakit hingga beberapa tahun mendatang. Dan nyatanya, selain berisiko tinggi menyebabkan kematian, penyakit kritis pun dapat menimbulkan risiko finansial.

“Menurut catatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) periode Januari hingga Juni 2014, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) harus membiayai penyakit kritis yang menimpa sejumlah masyarakat Indonesia hingga Rp5,27 triliun,” kata Burton Lai, President Director PT Avrist Assurance dalam acara diskusi kesehatan dengan tema Healthy Self, Healthy Future di Jakarta.

Biaya tersebut, sambungnya, belum termasuk pasien yang dirawat tanpa menggunakan asuransi dari BPJS kesehatan. Fakta ini tentunya menjadi gambaran bahwa angka kesadaran masyarakat terhadap kesehatan masih cukup rendah dan perlu ditingkatkan.

Lalu, bagaimana cara menjaga diri agar tetap bebas dari ancaman penyakit kritis?

Menurut dr. Zainah Fitria dari Sahid Sahirman Memorial Hospital, ada cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menghindari serangan penyakit yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter.

“Salah satu cara medis agar meminimalisir terhindar dari penyakit kritis adalah melakukan pemeriksaan medis secara berkala. Tujuannya adalah melakukan tindakan cepat, tepat dan efisien dari hasil pemeriksaan medis, sehingga tidak meningkat ke terminal selanjutnya,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Mengintip gaya Hidup Sehat ala Sophie Novita

Diskusi kesehatan ini juga dihadiri oleh penyanyi Sophie Novita. Sophie bersama keluarga selalu memerhatikan dan mengutamakan kesehatan. Karena itu, menerapkan pola hidup sehat penting agar terhindar dari serangan penyakit mematikan.

“Gaya hidup sehat tidak memerlukan biaya yang tinggi, hanya memerlukan keteraturan dan kedisiplinan. Tidak ada yang lebih mahal dari kesehatan,” katanya.

Istri musisi Pongki Barata ini mengaku kerap merasa sedih saat harus sakit, atau melihat anggota keluarganya jatuh sakit. Saat ini, Sophie memang dikenal sangat memerhatikan makanan yang masuk ke tubuhnya. Hal tersebut terlihat dari akun instagram pribadinya, Sophie bahkan mengenalkan donat yang diklaim lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi.

“Betul, donat ini #vegan dan #glutenfree -- banyak yang senang karena merasa ini versi donat lebih sehat. Yes, I created it as a healthier version donut. Walaupun gula yang saya gunakan adalah gula kelapa, yang indeks glikemiknya lebih rendah dari gula biasa dan saya gunakan sedikit sekali untuk satu adonan,” tulis Sophie di salah satu keterangan foto instagram miliknya.

Tertarik menerapkan pola hidup sehat seperti cara Sophie Novita dan keluarga? Tapi ingat, yang terpenting, menjaga pola makan merupakan satu hal yang wajib dijadikan bagian dari hidup sehat.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar