Sukses

Bagaimana Merawat Orang Lanjut Usia?

Tinggal bersama orang tua atau anggota keluarga lain yang telah lanjut usia tidaklah mudah.

Klikdokter.com, Jakarta Indonesia termasuk dalam negara yang menjunjung tinggi asas kekeluargaan. Oleh karena itu sebagian besar orang Indonesia lebih memilih untuk merawat sendiri keluarga yang telah lanjut usia di rumah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menuntut perhatian khusus dalam kehidupan sehari-hari:

  • Berolahraga bersama

Jika kondisi orangtua memungkinkan, sesekali ajak mereka berolahraga bersama anggota keluarga yang lain. Tentu saja kita harus menyesuaikan dengan kondisi fisik orangtua. Tidak perlu berolahraga secara berlebihan, yang penting dilakukan dengan benar dan secara rutin. Kita bisa memilih olahraga seperti jalan sehat, jogging, atau bersepeda santai. Berolahraga bersama anak dan cucu tentu akan menambah semangat dalam melakukannya.

  • Menemani orangtua menjalankan kegiatan kesukaan mereka

Dukung dan temani orangtua kita untuk melakukan hobinya, seperti misalnya    berkebun, menyulam, atau membuat kue. Dengan demikian, orangtua akan terhindar dari stres dan bisa mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat. Selain menemani kegiatan orang tua, kita juga harus peduli dengan cara memberikan popok dewasa. Karena popok dewasa sangat berperan penting dalam kegiatannya, sehingga orang tua tidak perlu bolak balik kamar mandi dan dapat memberikan kenyamanan.

  • Menyiapkan menu makanan sehat

Hendaknya kita tahu makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi orangtua kita dan makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi. Dengan begitu, secara tidak langsung kita sudah membantu mereka supaya tidak mengalami kekambuhan penyakitnya. Memasak makanan sendiri di rumah tentu saja lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya. Disamping itu, dengan memasak sendiri, kita bisa membuat variasi makanan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan orangtua kita.

  • Rutin memeriksakan kondisi kesehatan orangtua

Usahakan untuk mengingatkan dan menemani orangtua untuk kontrol ke dokter jika mereka membutuhkannya. Pada waktu pertemuan dengan dokter, hendaknya kita banyak bertanya mengenai penyakit yang diderita orangtua dan cara-cara perawatannya. Selain itu, ingatkan orangtua untuk meminum obat yang diberikan dokter secara teratur.

  • Jangan sepelekan keluhan orang tua

Walaupun terkesan sepele, keluhan dan curahan hati mereka pantas untuk kita dengar dan perhatikan. Terutama jika menyangkut keluhan seputar kesehatannya. Hal ini mengingat beberapa masalah pada orang berusia lanjut bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Khususnya keluhan saat orang tua tidak bisa menahan buang air kecil, atau yang dalam ilmu kedokteran disebut inkontinensia urin.

  • Banyak belajar dan berlatih

Kita bisa menambah ilmu dengan membaca buku yang membahas tentang perawatan orang sakit di rumah. Selain itu, kita juga bisa bertanya bahkan berlatih tentang cara merawat orang sakit dari perawat atau dokter di sekitar kita. Misalnya, tentang bagaimana meminumkan obat yang benar, bagaimana cara membersihkan luka, mengganti perban, dan lain-lain.

Terlebih lagi jika orangtua kita hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur, maka kita harus tahu bagaimana caranya mengganti posisi mereka (memiringkan, mendudukkan) supaya tidak terjadi ulkus decubitus (luka pada kulit karena terlalu lama berada pada posisi tertentu sehingga mengalami tekanan pada tempat yang sama). Disaat kondisi berbaring seperti ini, dianjurkan menggunakan popok dewasa tipe perekat agar orang tua bisa beristirahat dengan nyaman tanpa harus bolak balik ke kamar mandi.

Meskipun tak mudah untuk dilakukan secara konsisten, tips merawat orang tua ataupun kerabat yang telah lanjut usia di atas bisa menjadi pertimbangan karena sudah menjadi kewajiban kita sebagai keluarga untuk saling menjaga satu sama lain. Kuncinya adalah sabar dan pantang menyerah menerapkan hal di atas, termasuk juga dalam mengingatkan pentingnya penggunaan popok dewasa untuk kenyamanan ekstra

0 Komentar

Belum ada komentar