Ginjal dan Saluran Kemih

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Santap Makanan Ini

Gerardus Septian Kalis, 19 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ingin ginjal Anda tetap sehat? Konsumsilah beberapa makanan ini.

Jaga Kesehatan Ginjal dengan Santap Makanan Ini

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang terpenting. Berfungsi untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, mengatur tekanan darah, mempertahankan kalsium bagi tulang, dan merangsang sumsum tulang agar dapat membuat sel darah merah.

Dengan begitu banyak peran ginjal bagi tubuh, maka dari itu kesehatan ginjal haruslah menjadi perhatian ekstra. Berikut di bawah ini adalah beberapa makanan yang dapat menyehatkan ginjal Anda. Namun meskipun menyehatkan, Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan.

1. Kayu manis

Kayu manis dikenal karena kemampuannya untuk membantu mengatur kadar glukosa. Sehingga hal ini dapat membantu tubuh untuk mengelola glukosa dengan lebih baik dan melindungi dari gangguan gula darah. Kelebihan glukosa yang dihasilkan dari diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

2. Minyak zaitun

Sebuah studi baru-baru ini menemukan, penderita ginjal kronis yang menerapkan diet dengan minyak zaitun mampu memperbaiki kualitas kesehatannya. Komponen aktif pada buah zaitun dapat memperbaiki kehidupan penderita ginjal kronis, dan tentunya akan mendukung kesehatan ginjal.

3. Bawang

Bawang merah dan bawang putih mengandung quercetin. Quercetin adalah flavonoid yang memiliki efektivitas tinggi sebagai antioksidan. Penelitian telah menemukan, quercetin dapat membantu memberikan perlindungan terhadap kerusakan ginjal bagi perokok.

 

Selanjutnya

4. Kubis

Kubis mengandung zat belerang atau sulfur yang memiliki kemampuan sebagai pembersih dan pengikat cairan racun yang mengendap di jaringan hati, sehingga mudah untuk dikeluarkan melalui keringat dan urine. Selain itu, kubis mengandung vitamin K, C, B6, serat, dan asam folat yang membantu menjaga kesehatan ginjal.

5. Apel

Apel adalah buah yang baik bagi perawatan kulit karena mengandung vitamin E dan serat yang tinggi. Apel juga memiliki zat yang mampu membersihkan saluran pencernaan dan mengoptimalkan kesehatan hati. Zat tersebut bernama pektin yang di dalamnya terdapat vitamin, zat besi, dan mineral lengkap.

6. Putih telur

Mengandung protein dengan kualitas paling murni, putih telur juga dilengkapi dengan asam amino dan rendah fosfor. Jika Anda mengalami masalah ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan sedikit fosfor. Makanan yang cocok adalah putih telur karena kaya akan protein tetapi memiliki kandungan fosfor lebih rendah dibandingkan sumber protein lainnya.

Untuk menghindarkan ginjal dan hati dari kerusakan, Anda dapat mengonsumsi makanan-makanan yang sudah dijelaskan karena dapat meningkatkan kesehatan organ-organ tersebut. Tapi ingat, konsumsilah dalam porsi secukupnya dan tidak berlebihan.

[RS/ RVS]

ginjalmakananKesehatan Ginjal

Konsultasi Dokter Terkait