HomeInfo SehatKulit7 Penyakit Ini Bisa Dideteksi Lewat Kulit Anda
Kulit

7 Penyakit Ini Bisa Dideteksi Lewat Kulit Anda

dr. Karin Wiradarma, 19 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Siapa sangka, masalah kulit ternyata dapat memberikan ‘sinyal’ yang menandakan adanya penyakit pada organ dalam tubuh Anda.

7 Penyakit Ini Bisa Dideteksi Lewat Kulit Anda

Kulit adalah organ tubuh terbesar yang ada di tubuh Anda. Meskipun kebanyakan orang berpikir bahwa penyakit kulit adalah masalah ‘cetek’ yang ringan, ternyata masalah kulit dapat menggambarkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menandakan timbulnya penyakit.

Tidak sedikit masalah kulit yang dapat memberikan pertanda tentang adanya penyakit yang sedang bersarang di dalam tubuh Anda. Apa saja tanda itu? Informasi selengkapnya berikut ini.

Penyakit Jantung Rematik

Masalah kulit berupa ruam merah yang seringkali muncul bersamaan dengan tonjolan bisa jadi merupakan pertanda adanya penyakit jantung rematik. Penyakit ini umumnya diderita oleh anak, yang sebelumnya mengalami penyakit radang tenggorokan.

Lupus

Ruam merah pada kulit berbentuk seperti kupu-kupu yang terdapat di kedua pipi dan melewati hidung dapat merupakan pertanda penyakit lupus, yakni suatu penyakit autoimun yang dapat menyerang sel-sel dalam tubuh Anda.

Alergi

Ruam merah dan terasa gatal pada kulit yang disertai bibir bengkak atau biduran dapat menjadi pertanda bahwa Anda memiliki alergi terhadap suatu bahan atau makanan.

Diabetes

Bercak cokelat kehitaman pada tengkuk atau lipatan ketiak Anda dapat menjadi penanda bahwa Anda berisiko mengidap diabetes.

Hepatitis C

Bercak ungu gatal di tungkai bawah yang tidak kunjung sembuh walau sudah diobati bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda mengidap hepatitis C.

Gangguan Hormon Kortisol

Jika Anda merasa kulit tubuh semakin menggelap dan berwarna kecokelatan, terutama di bagian lipatan dan sendi, mungkin tubuh Anda sedang kekurangan hormon kortisol.

Hipotiroid

Jika Anda merasa kulit tiba-tiba menjadi sangat kering, mungkin Anda mengalami kekurangan hormon tiroid, atau disebut dengan hipotiroid.

Nah, sekarang Anda sudah paham kan, bahwa ternyata kulit Anda dapat banyak ‘berbicara’ tentang masalah kesehatan yang ada di dalam tubuh Anda, yakni sebagai penanda timbulnya penyakit. Jadi, jika Anda memiliki masalah kulit, jangan disepelekan, ya. Segeralah periksakan diri ke dokter spesialis kulit agar mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

kulitPenyakitDiabetesHipotiroidLupus

Konsultasi Dokter Terkait