HomeGaya hidupSehat dan BugarKesalahan Saat Olahraga yang Sering Anda Lakukan
Sehat dan Bugar

Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Anda Lakukan

dr. Rio Aditya, 18 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Saat olahraga, Anda mungkin pernah melakukan satu dari tiga kesalahan berikut ini.

Kesalahan Saat Olahraga yang Sering Anda Lakukan

Anda sering berolahraga? Jika ya, selamat, karena olahraga terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda. Namun jangan senang dulu. Tanpa disadari, Anda mungkin pernah melakukan beberapa kesalahan saat olahraga yang justru bisa berdampak buruk terhadap tubuh Anda.

Berikut ini adalah 3 kesalahan yang mungkin sering Anda lakukan saat olahraga:

1. Tidak melakukan pemanasan dan pereganga

Melakukan peregangan otot sebelum berolahraga sangat disarankan. Namun sebelum melakukan peregangan, ada satu rutinitas yang seringkali ditinggalkan, yaitu pemanasan atau warming up. Padahal pemanasan bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan memperlancar peredaran darah agar tubuh siap untuk berolahraga.

Pemanasan cukup dilakukan dengan joging santai, lompat tali, atau melompat kecil selama 5-10 menit. Setelah melakukan pemanasan, Anda baru bisa melakukan peregangan agar otot menjadi lebih fleksibel.

Dengan melakukan pemanasan dan peregangan secara benar, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya cedera yang mungkin saja terjadi ketika berolahraga.

2. Menggunakan pakaian yang terlalu tebal 

Anda mungkin pernah melihat orang di sekitar melakukan joging dengan menggunakan jaket, baju panjang, topi, dan celana panjang. Tujuan dari tampilan tersebut barangkali supaya dapat berkeringat lebih cepat dan banyak, sehingga lemak yang terbakar juga lebih banyak. Padahal hal tersebut tidak tepat.

Keringat yang keluar bukan merupakan pertanda lemak terbakar. melainkan regulasi tubuh untuk mengatur peningkatan suhu tubuh. Mengenakan pakaian yang terlalu tebal saat berolahraga justru bisa berbahaya bagi Anda.

Peningkatan suhu tubuh yang cepat dan pengeluaran cairan tubuh (keringat) secara berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan heat exhaustion. Jika tidak diatasi dengan benar, kedua kondisi ini dapat mengancam jiwa.

3. Olahraga secara berlebihan

Olahraga secara berlebihan tanpa disertai istirahat yang cukup dapat meningkatkan kerusakan otot dan cedera pada sendi-sendi. Padahal, otot juga memerlukan waktu istirahat agar pertumbuhan dan proses recovery usai olahraga dapat berjalan dengan sempurna.

Contohnya, bagi pelari jarak jauh, apabila tidak beristirahat seusai berlari, kemungkinan mengalami cedera pada otot dan tendon akan meningkat secara signifikan.

Kini, Anda sudah tahu bahwa tidak melakukan pemanasan dan peregangan, menggunakan pakaian yang terlalu tebal, dan olahraga secara berlebihan merupakan kesalahan saat olahraga. Ketiganya dapat berdampak fatal. Jadi, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama, ya.

[BA/ RVS]

pemanasanOlahragaPereganganKesalahan Saat Berolahraga

Konsultasi Dokter Terkait