Sukses

Mandi Air Dingin Bikin Anak Kuat?

Konon, mandi air dingin akan bikin anak lebih kuat. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu hal yang harus diperhatikan orang tua saat memandikan anak adalah suhu air yang digunakan. Anda mungkin sering mendengar bahwa kebiasaan mandi air dingin akan membuat anak kuat. Bagaimana faktanya?

Di negara tropis seperti Indonesia, mandi air dingin memang lebih disukai karena dapat memberikan efek segar di tengah cuaca yang panas atau setelah beraktivitas. Namun, ternyata mandi air dingin memiliki manfaat lainnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah atlet menunjukkan bahwa mandi air dingin membuat jumlah antibodi (sel pertahanan tubuh) meningkat. Hal ini mendukung anggapan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menjadikan tubuh lebih kuat.

Sejauh ini, Anda mungkin tertarik untuk menerapkannya pada anak. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berbeda dengan orang dewasa, kulit anak, terutama bayi, belum dapat beradaptasi dengan perubahan suhu.

Lapisan lemak pada kulit bayi masih belum cukup untuk menahan panas dan menjaga suhu tubuhnya sehingga mandi air dingin akan membuatnya mudah mengalami hipotermia, yakni kondisi di mana suhu tubuh turun di bawah normal. Karena itu, para ahli menyarankan air yang digunakan untuk mandi adalah sekitar 37–38 derajat Celsius atau sedikit lebih hangat dibanding suhu tubuh.

Seiring bertambahnya usia bayi, suhu air yang digunakan untuk mandi dapat perlahan diturunkan hingga akhirnya anak dapat mandi dengan air dingin biasa. Umumnya, usia yang cukup aman untuk mandi dengan air biasa adalah di atas 6 bulan. Tentu dengan catatan anak lahir dalam kondisi sehat, tidak lahir prematur, dan berat lahir lebih dari 2.500 gram.

Selain suhu air, ada pula beberapa hal lain yang perlu diperhatikan orang tua saat memandikan anak. Pada anak yang lebih kecil (bayi dan balita), mulailah dengan membasahi kaki kemudian seluruh badan agar si Kecil terbiasa dahulu dengan suhu air.

Pada anak yang sudah lebih besar, ajak anak untuk merasakan airnya sendiri. Bila Anda menggunakan wadah air untuk berendam, pastikan tinggi air tidak lebih dari pinggangnya. Pada bayi, air tidak boleh melebihi bahunya.

Bersihkan seluruh bagian tubuh anak dengan lembut, terutama di area kemaluannya. Setelah mandi, pastikan anak benar-benar kering sebelum memakaikannya pakaian untuk menolongnya tetap hangat.

Mandi air dingin memang bermanfaat bagi tubuh. Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan usia dan kondisi kesehatan anak, sebelum memandikannya dengan air dingin, agar bahaya hipotermia tidak terjadi.

[RS/ RVS]

2 Komentar

  • Uswatun Hasanah

    Mandi air dingin di pagi hari akan menyengarkan dan membuat tubuh menjadi kuat. Lalu bagaimana dengan mandi air dingin di malam hari, apakah juga boleh? ada yang bilang bisa menyebabkan rematik.

  • Uswatun Hasanah

    Mandi air dingin di pagi hari akan menyengarkan dan membuat tubuh menjadi kuat. Lalu bagaimana dengan mandi air dingin di malam hari, apakah juga boleh? ada yang bisa menyebabkan rematik.