Sukses

5 Tanda Dehirasi yang Perlu Anda Waspadai

Jika diabaikan, dehidrasi dapat menyebabkan masalah serius pada kesehatan Anda. Kenali tanda-tandanya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Dehidrasi merupakan keadaan dimana tubuh kekurangan cairan, bisa disebabkan karena kekurangan cairan dalam tubuh atau pengeluaran cairan yang berlebih. Kekurangan cairan tersebut bisa diakibatkan karena kurang minum karena sakit, mual, lupa minum atau karena faktor lain.

Sedangkan keluarnya cairan tubuh yang berlebihan bisa terjadi lewat keringat berlebih, muntah, diare, demam, BAK (Buang Air Kecil) yang banyak, dan lain sebagainya. Lalu, apa sajakah tanda dehidrasi yang perlu diwaspadai?

1. Muncul rasa haus

Rasa haus merupakan tanda pertama Anda kekurangan cairan. Hal ini merupakan sinyal bahwa tubuh memerlukan cairan lebih. Perlu diingat, begitu Anda merasa haus sebenarnya tubuh sudah kekurangan cairan. Oleh karena itu, jangan tunggu rasa haus datang untuk minum.

2. Perubahan urine

Beberapa perubahan pada urine atau air seni juga dapat menandakan Anda terkena dehidrasi. Urine yang cenderung berwarna gelap atau berbau menyengat menandakan Anda kekurangan cairan. Umumnya, air seni saat Anda cukup minum akan berwarna kuning jernih.

Saat mengalami dehidrasi, Anda akan mengalami penurunan pembentukan urine. Jika Anda BAK kurang dari 4 kali per hari atau belum BAK dalam 8 jam terakhir, segeralah minum yang banyak dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.

3. Rasa lelah atau pusing

Rasa lelah dan pusing dapat timbul karena dehidrasi. Cobalah untuk minum lebih banyak jika Anda mengalami gejala tersebut.

4. Kering di beberapa bagian tubuh

Kekeringan pada mulut, bibir atau mata ternyata juga dapat disebabkan oleh dehidrasi. Pada anak, salah satu cara mudah mendeteksi dehidrasi adalah tidak adanya produksi air mata, misalnya saat menangis. Kulit yang tampak kering dan terasa gatal juga dapat menandakan kondisi tubuh kekurangan cairan.

5. Kesadaran menurun

Pada tahap lanjutan, dehidrasi dapat menyebabkan penurunan kesadaran. Jika sudah terjadi, pasien dengan dehidrasi harus dibawa ke rumah sakit agar sesegera mungkin mendapatkan pertolongan. Jika masih sadar, pasien dapat diberi pertolongan pertama dengan memberikan minum.

Demikian beberapa tanda dehidrasi yang perlu Anda waspadai. Dengan begitu, Anda akan lebih berhati-hati agar tidak terkena dehidrasi. Rutinlah minum setiap hari, minimal 8 gelas setiap harinya. Jika terdapat peningkatan pengeluaran cairan pada tubuh, maka jumlah pasokan cairan yang Anda minum perlu ditambah juga. Oleh karenanya, konsumsilah air minum sesuai kebutuhan tubuh Anda!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar