Sukses

Atasi Wasir dengan Kiat Sederhana Ini

Agar wasir tak lagi menganggu, lakukan kiat sederhana ini untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu jenis penyakit yang sering disepelekan padahal sangat mengganggu adalah wasir. Sebab lokasi berkembangnya penyakit ini memang membuat seseorang kerap abai dan terlambat menyadarinya.

Wasir alias hemoroid terjadi karena adanya pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) di daerah rektum atau anus. Menurut dr. Fiona Amelia MPH., wanita hamil memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kondisi ini.

Wasir dibagi ke dalam beberapa tingkatan, tergantung keparahan dan kondisi dari benjolan. Pada tingkat yang rendah, yaitu tingkat I dan II, biasanya keluhan dapat diatasi dengan terapi obat-obatan.

Namun demikian, obat-obatan yang diberikan pada penderita wasir hanya bersifat mengurangi gejala. Untuk itu, penderita juga perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Tidak menahan BAB

Segeralah bergegas menuju toilet saat Anda merasa ingin Buang Air Besar (BAB). Selain itu, cobalah untuk membuat jadwal BAB, sehingga menghindari Anda dari sembelit dan gangguan lainnya.

2. Duduk dalam air hangat

Tindakan yang satu ini berfungsi mengurangi rasa nyeri di sekitar area wasir. Air hangat juga akan mengurangi rasa gatal dan iritasi yang terjadi. Rendamlah bokong Anda setiap 3-4 kali sehari, selama kurang lebih 20 menit.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Menjaga pola makan

Hindari makanan pedas, sebab makanan ini dapat meningkatkan risiko pembengkakan di anus. Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan.

4. Konsumsi pencahar alami

Daripada mengonsumsi obat, cobalah untuk mendapatkan efek pencahar dari bahan alami, yakni buah-buahan. Beberapa buah yang memiliki sifat pencahar adalah pepaya, pir, dan alpukat.

5. Olahraga

Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas bisa menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian, usahakan untuk menghindari olahraga yang berat. Cobalah olahraga aerobik sederhana, atau berjalan santai selama 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus Anda.

Pada tingkat yang lebih parah, biasanya wasir memerlukan tindakan medis berupa pembedahan. Jika Anda ragu dan merasakan gejala yang semakin parah, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar