Sukses

Ini Penyebab Jerawat Muncul Lagi di Wajah Anda

Hindari beberapa kebiasaan ini agar jerawat tidak muncul di wajah Anda

Klikdokter.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang menyebalkan. Kemunculannya, terutama di area wajah membuat seseorang terutama wanita menjadi tidak percaya diri.

Seseorang kerap membutuhkan make up atau riasan wajah untuk menutupi jerawat yang muncul di permukaan kulit. Hal ini justru memungkinkan jerawat akan muncul lebih banyak lagi.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang menyebabkan jerawat muncul kembali.

  • Sering menyentuh wajah

Percaya atau tidak, sering menyentuh wajah adalah salah satu sebab jerawat Anda terus kembali.  Tangan adalah bagian tubuh yang rawan terkena kotoran dari setiap permukaan yang Anda sentuh. Itu mengapa Anda harus sering mencucinya.

Saat tangan menyentuh wajah terlalu sering, kotoran dan bakteri dapat berpindah ke kulit wajah.  Hal inilah yang menimbulkan jerawat terutama jika Anda memiliki kulit berminyak. Kotoran akan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat.

  • Memiliki masalah pencernaan

Bila perut terganggu atau saluran pencernaan memiliki masalah, hal ini bisa berimbas pada kesehatan kulit Anda. Sertakan lebih banyak makanan yang kaya serat untuk membantu pencernaan yang lebih baik. Dengan pencernaan yang baik maka hal ini juga mengubah penampilan kulit menjadi lebih sehat.

  • Ketidakseimbangan hormon

Hormon berperan besar dalam munculnya jerawat. Bila Anda mengalami ketidakseimbangan hormon, kulit akan bereaksi dengan memunculkan jerawat. Tidak hanya di wajah, jerawat bisa muncul di bagian punggung dan dada.

Karena itu, Anda harus melakukan upaya untuk mendapatkan keseimbangan hormon agar tidak menimbulkan masalah lain. Pada wanita, ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan siklus haid yang tidak teratur.

  • Produk perawatan kulit yang salah

Produk perawatan kulit yang tidak sesuai merupakan salah satu faktor penyebab jerawat muncul kembali. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu biasakan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit untuk mengurangi munculnya jerawat.

  • Memencet jerawat

Memencet jerawat hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian kulit yang lebih dalam, hal ini juga berisiko menyebabkan luka di area sekitar jerawat.

Memencet jerawat hanya akan membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama. Gunakan obat jerawat langsung pada lokasi jerawat untuk membuat ukurannya semakin mengecil.

Itulah beberapa kebiasaan yang tanpa disadari ternyata menyebabkan jerawat muncul lagi di wajah Anda. Jika terjadi demikian, segera konsultasikan ke dokter kecantikan agar penanganan yang tepat dapat diberikan segera mungkin.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar