Sukses

Inilah Manfaat Nanas untuk Kesehatan Anda

Apa saja manfaat nanas bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan? Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Nanas merupakan salah satu jenis buah yang sering dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu, seperti pemicu sakit perut, keputihan hingga keguguran. Mitos yang beredar itu kemudian menjadikan banyak orang yang akhirnya berpikir ulang bahkan menghindari konsumsi nanas. Padahal, manfaat nanas dengan berbagai kandungannya sangat berguna bagi kesehatan Anda.

Menurut dr. Nitish Basant Adnani BMedSc buah nanas memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Nanas juga mengandung serat dan lemak yang rendah.

Dalam setiap buah nanas terdapat kandungan vitamin B1 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf, vitamin B6 yang dapat mengatasi anemia serta vitamin C yang membantu memperkuat sistem imun dan berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Nanas mengandung copper (cuprum) yang berperan penting dalam proses pertumbuhan, kesehatan rambut dan mata. Selain itu, nanas mengandung manganese yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Mengonsumsi buah nanas juga baik untuk sistem pencernaan Anda. Sebab nanas mengandung bromelin yang merupakan enzim proteolitik, biasanya ditemukan pada bagian batang dan buah nanas. Enzim ini berfungsi untuk melunakkan makanan dan memecah protein di lambung, sehingga membantu tubuh Anda lebih mudah untuk mencerna dan menyerap nutrisi pada makanan.

Mengonsumsi satu potong nanas setelah makan dapat membantu sistem pencernaan tubuh secara keseluruhan, seperti mengurangi produksi gas, mencegah kembung, mual, sembelit, dan masalah pada usus besar.

Bromelin juga ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan karena luka atau operasi, mengurangi radang sendi, menyembuhkan luka bakar, meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita infeksi saluran pernapasan dan lain-lain.

Meskipun menjanjikan banyak manfaat, Anda tetap harus membatasi asupan nanas dalam satu hari. Sebab sebagian besar kalori pada nanas berasal dari gula, yang bisa jadi berbahaya bagi penderita diabetes gestasional.

Nanas dan Kehamilan

Sebagian besar orang meyakini bahwa buah nanas adalah pemicu dari keguguran. Namun hal itu belum terbukti secara ilmiah. Mengonsumsi nanas dalam batas yang wajar malah dapat membantu Anda dalam melewatkan masa kehamilan.

Dengan kandungan lemak yang rendah dan juga mengandung banyak serat, nanas dapat membantu mengatasi konstipasi, yakni merupakan gejala yang kerap dikeluhkan selama masa kehamilan. Sementara vitamin B6 dalam nanas juga dapat membantu meredakan gejala morning sickness.

Lalu berapa batas aman mengonsumsi buah nanas di masa kehamilan?

Menurut dr. Fiona Amelia MPH, kandungan bromelain pada nanas dapat melunakkan dan memicu kontraksi rahim. Secara teori, kondisi ini dapat menyebabkan keguguran. Namun dari penelitian didapatkan bahwa efek tersebut baru akan terjadi ketika seorang wanita mengonsumsi 7 buah nanas dalam sehari.

Nah, setelah mengetahui fakta seputar manfaat nanas untuk kesehatan Anda, jangan lagi menghindari nanas tanpa alasan yang jelas. Bagi Anda yang sedang berada di masa kehamilan, batasi konsumsi nanas agar terhindar dari ancaman keguguran.

[NP/ RVS]

1 Komentar

  • Jelita Ayu

    Banyak liputan2 ttg nanas yang bisa mempercantik kulit, di Bikin sehat, menyembuhkan penyakit2. perlu rutin minum jus nanas/ makan cemilan nanas kering. di GoFood Jakarta ketik Happinaz. ada banyak jus nanas dan jus bonggol nanas. bisa di add instagram: happinazenak. dr nanas murni. Lezatt banget.