Sukses

Awas, 5 Kebiasaan Ini Buruk bagi Tulang Anda!

Ingin tulang Anda lebih kuat? Tinggalkan beberapa kebiasaan buruk ini.

Klikdokter.com, Jakarta Tulang adalah salah satu bagian penting dari tubuh. Jika Anda menderita osteoporosis maka risiko patah tulang akan semakin besar. Oleh karena itu, hindari beberapa kebiasaan buruk ini untuk menurunkan tingkat kerapuhan tulang dan melindungi kesehatan Anda.

  • Merokok

Menurut studi, orang-orang yang mengonsumsi tembakau memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih rendah. Hal ini disebabkan oleh radikal bebas yang membunuh sel-sel yang berfungsi membangun tulang. Di samping itu, merokok juga meningkatkan produksi hormon kortisol (dikenal sebagai hormon stres) yang dapat melemahkan tulang.

Sementara itu, jika Anda mengalami patah tulang, merokok dapat memperlambat proses penyembuhan dengan merusak pembuluh darah sehingga membatasi kemampuan untuk memindahkan oksigen.

  • Tidak aktif bergerak

Menurut Laila S. Tabatabai, MD, asisten profesor di Houston Methodist dan Weill Cornell Medical College, seseorang yang tubuhnya jarang digerakkan berisiko mengalami keropos tulang lebih cepat.

Seperti halnya otot, tulang menjadi lebih padat dan tumbuh lebih kuat saat berolahraga--terutama saat melakukan aktivitas menahan beban, berjalan kaki, dan memanjat tangga. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.

  • Konsumsi makanan asin secara berlebih

Menurut direktur endokrinologi dan program penyakit tulang di John Wayne Cancer Institute, Frederik Singer, MD, konsumsi asupan garam yang tinggi berkorelasi dengan kepadatan tulang yang lebih rendah.

Faktanya, wanita dewasa lebih mungkin kehilangan satu persen kepadatan tulang dengan makan satu gram sodium per harinya. American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi kurang dari 2.300 miligram sodium setiap hari.

  • Terlalu banyak minum alkohol

Seperti merokok, alkohol meningkatkan produksi kortisol di dalam tubuh. Alkohol juga menurunkan kadar hormon testosteron dan estrogen. Menurunnya kadar kedua hormon ini berdampak pada menurunnya kekuatan tulang.

  • Kurang terpapar sinar matahari

Tanpa vitamin D, tulang bisa menjadi tipis dan rapuh. Masalahnya, salah satu sumber utama vitamin D diproduksi oleh tubuh setelah Anda terkena sinar matahari. Jadi, jika Anda tidak menghabiskan cukup waktu di luar rumah, Anda mungkin kekurangan vitamin D.

Namun, apabila Anda tidak bisa keluar rumah untuk mendapatkan asupan vitamin D, Anda bisa memperolehnya dari salmon atau kuning telur.

Tinggalkan beberapa kebiasaan buruk yang sudah dijelaskan tersebut untuk memastikan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar