Sukses

6 Pemicu Alergi Kulit yang Sering Tidak Disadari

Sadarkah Anda bahwa ‘perangkat’ yang Anda gunakan sehari-hari bisa memicu alergi kulit?

Klikdokter.com, Jakarta Tidak ada satu orang pun yang ingin mengalami alergi kulit. Pasalnya, kondisi ini bisa menurunkan kualitas hidup, hingga mengancam nyawa orang yang mengalaminya.

Alergi kulit atau dermatitis kontak merupakan ruam atau iritasi pada kulit akibat paparan alergen –unsur pencetus alergi. Kondisi ini ditandai dengan gatal-gatal, kulit kemerahan, dan timbul bintik-bintik.

Beberapa hal yang dapat memicu timbulnya alergi kulit, yaitu:

1. Wewangian

Parfum merupakan salah satu penyebab alergi pada orang dewasa. Begitu pula dengan sampo, sabun, pewangi ruangan, dan detergen. Karena itu, jika Anda adalah pemilik kulit sensitif, sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung wewangian tertentu.

2. Perhiasan

Menurut Direktur Day Dermatology and Aesthetics, Doris Day, MD., alergi kulit bisa disebabkan oleh nikel. Unsur ini sering digunakan untuk membuat paduan logam, yang banyak ditemukan pada produk perhiasan, bingkai kacamata, ritsleting, gesper dan kancing.

3. Produk lateks

Jika kulit Anda menjadi merah dan gatal sesaat atau setelah memakai sarung tangan karet, Anda mungkin mengalami alergi lateks. Gejalanya bisa berupa ruam, gatal mata, hingga muntah dan susah bernapas.

4. Pewarna rambut dan tato henna

Salah satu bahan kimia yang terkandung pada pewarna rambut dan tato henna adalah para-phenylenediamine (PPD). Bagi orang yang memiliki kulit sensitif, unsur tersebut dapat mencetuskan alergi kulit.

5. Kosmetik

Kosmetik dapat mencetuskan alergi kulit karena mengandung wewangian tertentu dan bahan pengawet.

6. Kandungan antibiotik dan antiseptik

Antibiotik topikal umumnya mengandung zat neomycin sulfate. Beberapa orang mengalami iritasi ketika kulitnya bersinggungan dengan zat ini.

Sedangkan pada produk antiseptik, kandungan thimerosal dan merkuri yang ada di dalamnya juga dapat mencetuskan alergi kulit.

Jika Anda mengalami alergi kulit, baik disebabkan oleh benda di atas atau lainnya, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, perburukan kondisi akibat alergi dapat dihindari.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar