Sukses

Lakukan 5 Hal Ini saat Konsultasi ke Dokter

Sakit dan harus konsultasi ke dokter? Pastikan Anda melakukan 5 hal ini.

Klikdokter.com, Jakarta Konsultasi ke dokter merupakan perkara yang susah-susah gampang. Ada banyak alasan yang mendasari, salah satunya tidak memiliki banyak waktu luang. Sekalipun ada kesempatan, Anda malah kaku dan bingung harus menanyakan apa saat berhadapan dan konsultasi dengan dokter.

Mungkin saja beberapa pertanyaan inti seputar masalah kesehatan Anda telah terjawab, namun bisa jadi ada beberapa hal kecil lain yang lupa Anda tanyakan. Untuk menghindari keadaan ini, lakukan 5 hal berikut agar sesi konsultasi Anda ke dokter lebih maksimal:

  1. Tinjau ulang kondisi Anda

Hal ini mungkin sepele. Namun Anda perlu benar-benar mengetahui kecenderungan dari gejala penyakit apa yang tengah dirasakan. Meninjau ulang apa yang akan disampaikan dapat membuat Anda lebih mampu untuk menyampaikan kondisi tubuh yang sebenarnya pada dokter.

  1. Cari tahu penyakit Anda

Di internet, terdapat banyak sumber seputar masalah kesehatan. Lakukan riset kecil, misalnya dengan mencocokkan gejala yang Anda rasakan dengan informasi yang ditemukan di internet.

Jika Anda menaruh kecurigaan terhadap sebuah penyakit, pelajarilah, setidaknya dasar dari penyakit tersebut. Niscaya, Anda akan semakin mudah memahaminya, sehingga mampu menjelaskan secara detail kondisi yang Anda rasakan.

  1. Kirimkan daftar pertanyaan

Dengan mengirimkan daftar pertanyaan seputar penyakit, bisa dilakukan lewat surat elektronik (e-mail), pesan singkat atau media lainnya, dokter Anda akan lebih memahami kondisi yang akan dihadapi. Hal ini membuat dokter lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan saat Anda berkonsultasi padanya.

  1. Buat jadwal pertemuan ganda

Beberapa dokter memiliki waktu yang sangat sempit, sehingga jam kunjungan akan dibatasi pada masing-masing pasien. Untuk itu, memesan jadwal ganda dapat membuat Anda lebih leluasa dalam melakukan konsultasi.

Selain itu, dokter juga akan memiliki lebih banyak waktu untuk menjelaskan mengenai penyakit Anda, serta memberikan nasihat maupun saran agar Anda segera sembuh dari penyakit tersebut.

  1. Ajak seorang teman

Anda bisa mengajak seorang rekan atau keluarga untuk menemani di ruang konsultasi. Setidaknya, teman Anda akan berperan sebagai orang yang membantu memahami apa yang disampaikan oleh dokter.

Jika Anda merasa tidak nyaman atau tidak memerlukan teman, coba cara lain. Salah satunya dengan membawa alat perekam, dan merekam setiap penjelasan dari dokter. Rekaman ini bisa membantu Anda lebih memahami seluruh penjelasan dari dokter.

Dengan memperhatikan kelima hal di atas, tentu konsultasi Anda ke dokter akan membuahkan hasil yang lebih maksimal.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar