Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung dan Otak
Diet dan Nutrisi

Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung dan Otak

dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, 27 Des 2023

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Manfaat buah apel untuk kesehatan bisa mengatasi penyakit pencernaan, baik untuk jantung, mencegah kanker, hingga meningkatkan sistem imun.

Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh, Baik untuk Jantung dan Otak

Selain rasanya lezat, buah apel juga kaya akan nutrisi, seperti serat, fitonutrien, dan antioksidan di yang baik untuk kesehatan tubuh. Makan buah apel bahkan bisa membantu mengatasi penyakit, termasuk diabetes hingga mencegah kanker.

Selain itu, apel juga termasuk buah rendah kalori sehingga cocok untuk dijadikan camilan saat diet agar berat badan tetap ideal.

Berikut ini beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan jika dikonsumsi rutin:

1. Menurunkan Berat Badan

Apel diketahui kaya akan serat dan air, sehingga membantu membuat kamu kenyang lebih lama. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan irisan apel sebelum makan merasa lebih kenyang dibanding mereka yang mengonsumsi saus apel, jus apel, atau tanpa produk apel.

Manfaatnya, kamu jadi tidak makan berlebihan dan berat badan ideal tetap terjaga. Selain itu, beberapa senyawa alami di dalam apel dapat mendukung penurunan berat badan.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Menikah Bagus untuk Kesehatan Jantung

Terdapat sejumlah penelitian yang menunjukkan konsumsi buah dan sayuran berhubungan dengan penurunan risiko penyakit arteri koroner.

Asupan jus apel atau buah apel utuh mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung dalam waktu cukup singkat.

Sebuah analisis studi juga menemukan, asupan tinggi flavonoid (salah satu polifenol yang terdapat di dalam apel) dikaitkan dengan rendahnya risiko stroke sebanyak 20 persen.

Flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi LDL, dan bertindak sebagai antioksidan.

Artikel Lainnya: Manfaat Hebat Buah Apel untuk si Kecil

3. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian telah mengaitkan makan apel dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Ada kemungkinan polifenol di dalam apel mencegah jaringan rusak pada sel beta.

Sel beta memproduksi insulin di dalam tubuh. Sel ini sering rusak pada tubuh penderita diabetes tipe 2.

4. Menyehatkan Pencernaan

Apel mengandung pektin, yaitu sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Konsumsi apel sama saja dengan memberi makan bakteri baik di usus.

Usus kecil tidak menyerap serat dalam pencernaan. Sebaliknya, serat akan pergi ke usus besar, di mana ia dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik.

Serat juga berubah menjadi senyawa bermanfaat lainnya yang beredar kembali ke seluruh tubuh.

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah apel juga bisa membantu mencegah penyakit kanker. Beberapa studi menunjukkan hubungan antara senyawa tanaman di dalam apel dan risiko kanker yang lebih rendah.

Para ilmuwan percaya, efek antioksidan dan antiinflamasi pada apel mungkin bertanggung jawab atas efek pencegahan potensial kanker.

Finland's National Public Health Institute menyimpulkan, diet apel berhubungan dengan penurunan risiko pengembangan kanker. Studi ini melibatkan 9.959 pria dan wanita yang teratur mengonsumsi apel.

Para peneliti juga menyampaikan risiko kanker paru-paru turun sebesar 46 persen pada orang-orang yang konsumsi apelnya tinggi.

Artikel Lainnya: Manfaat Makan Buah Apel Untuk Atasi Sembelit

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang Belakang, Bagaimana Caranya?

Makan buah apel dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih tinggi. Kepadatan tulang merupakan sebuah penanda kesehatan tulang.

Para peneliti percaya, antioksidan dan antiinflamasi pada buah apel berkhasiat untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.

Beberapa studi menunjukkan manfaat apel bagi tubuh manusia dapat secara positif memengaruhi kesehatan tulang.

7. Baik bagi Penderita Asma

Apel yang kaya antioksidan diklaim dapat membantu melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif.

Para peneliti menemukan mereka yang sering mengonsumsi apel memiliki kualitas paru lebih baik dibandingkan yang tidak memakan apel.

Selain itu, sebuah penelitian besar pada lebih dari 68.000 orang menemukan mereka yang makan paling banyak apel memiliki risiko asma terendah.

Kulit apel mengandung quercetin yang dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

8. Melindungi Kesehatan Mental dan Otak

Jus apel digadang-gadang memiliki manfaat mencegah penurunan mental terkait usia.

Dalam penelitian pada hewan, konsentrat jus apel mengurangi spesies oksigen reaktif berbahaya (ROS) dalam jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental.

Jus apel juga dapat membantu menjaga keberadaan asetilkolin, yang merupakan neurotransmiter yang bisa menurun seiring bertambahnya usia. Tingkat asetilkolin rendah berkaitan dengan timbulnya penyakit Alzheimer.

9. Melindungi dari Cedera Perut Akibat NSAID

Kelas obat penghilang rasa sakit yang dikenal sebagai obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) dapat melukai lapisan perut.

Sebuah penelitian di tabung reaksi dan tikus menemukan, ekstrak apel beku-kering membantu melindungi sel-sel perut dari cedera akibat NSAID.

Dua senyawa tanaman di dalam apel yaitu asam klorogenat dan katekin dianggap sangat membantu.

Artikel Lainnya: Makan Apel, Lebih Baik dengan Kulitnya atau Dikupas?

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ada alasan untuk percaya bahwa salah satu manfaat buah apel adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena buah apel mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun.

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada November 2017 di jurnal Nutrients menemukan, vitamin C memainkan banyak peran dalam membantu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Contohnya, dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan epitel (sejenis jaringan) penghalang terhadap kuman penyakit, serta melindungi dari stres oksidatif lingkungan seperti polusi dan radiasi.

Manfaat apel bagi kesehatan tubuh ternyata dapat membantu mencegah timbulnya berbagai penyakit. Terlebih lagi, kandungan serat larutnya dapat menurunkan berat badan dan menyehatkan usus.

Maka, tak ada salahnya kamu mulai rutin mengonsumsi dua buah apel per hari. Bila ingin tanya lebih lanjut seputar konsumsi buah, konsultasi lebih mudah lewat Tanya Dokter dan Temu Dokter. Kamu juga bisa membeli berbagai suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh di KALStore. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang.

(FR/AYU)

Nutrisibuahmanfaat apel

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter