Kesehatan Umum

Sederet Alasan Kenapa Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal

Tim Redaksi KlikDokter, 16 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Inilah alasan mengapa pekerja kantoran rawan pegal-pegal. Cari tahu, dan hindari sekarang juga!

Sederet Alasan Kenapa Pekerja Kantoran Rawan Pegal-Pegal

Pekerja kantoran seperti dituntut untuk tidak aktif bergerak. Entah sekadar duduk mengerjakan tugas, mengejar deadline ataupun target yang dimiliki perusahaan. Tak heran, pegal-pegal kerap menjadi keluhan yang tidak terelakkan.

Berikut tiga alasan tersering mengapa pekerja kantoran rawal pegal-pegal:

  1. Posisi tubuh yang buruk

Kebiasaan duduk dengan punggung membungkuk, miring ke satu sisi, leher terlalu menunduk dan terkadang lupa untuk melakukan peregangan ringan dapat memicu pegal-pegal.

Hal ini terjadi karena posisi-posisi tersebut membuat otot menjadi bekerja lebih keras hingga kelelahan. Akhirnya, pegal-pegal pun tidak dapat dihindari.

  1. Stres

Suatu studi yang dilakukan di Hong Kong menyebutkan bahwa pekerja kantoran yang sering stres mengalami peningkatan risiko pegal-pegal sebesar 67%. 

Selain itu, pekerja yang harus menghadapi beban pekerjaan berat setiap harinya berisiko 2,5 kali lipat lebih besar untuk mengalami keluhan pegal-pegal maupun nyeri pinggang.

  1. Kekurangan cairan

Bekerja di depan komputer selama berjam-jam membutuhkan energi yang tidak sedikit. Jika orang tersebut lupa minum, maka dirinya akan masuk ke tahap kurang cairan.

Kekurangan cairan tubuh, terutama elektrolit, dapat mencetuskan nyeri otot dan pegal-pegal. Bila keadaan ini dikombinasikan dengan postur yang buruk, maka pegal yang dirasakan akan semakin parah.

Jika Anda tidak ingin pegal-pegal, pastikan Anda memosisikan tubuh dengan baik dan benar saat bekerja, relaksasi sejenak agar tidak stres, dan pastikan Anda minum delapan gelas air putih setiap harinya.

Apabila pegal-pegal sudah terlanjur menyerang, Anda dapat mengoleskan Voltaren di bagian tubuh yang mengalami keluhan.

Voltaren merupakan gel emulsi mengandung natrium diklofenak yang dapat meresap secara cepat ke dalam lapisan kulit.

Voltaren efektif untuk meredakan rasa nyeri, melawan peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan. Sederet manfaat ini membuat Anda yang pegal-pegal dapat segera beraktivitas dengan normal.

Bagi pekerja kantoran, ingatlah untuk selalu sedia Voltaren di kotak P3K ataupun di saku Anda. Karena pegal-pegal bisa menyerang kapan saja dan di mana saja!

(NB/ RH)

AdvertorialPekerja KantoranPegal

Konsultasi Dokter Terkait