Sukses

Membunyikan Jari Sebabkan Pengapuran Sendi?

Banyak yang percaya bahwa membunyikan jari dapat menyebabkan pengapuran sendi. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa orang memiliki kebiasaan membunyikan jari, terutama sebelum melakukan aktivitas tertentu. Menurut sebagian orang, kebiasaan ini bisa memicu terjadinya pengapuran sendi.

Ketahuilah, suara “kreek” saat membunyikan jari berasal dari gelembung udara di cairan yang melapisi persendian (sinovium). Gelembung udara tersebut pecah ketika terjadi penarikan tulang karena terbentuknya tekanan negatif.

Lalu bagaimana dengan anggapan bahwa membunyikan jari dapat sebabkan pengapuran sendi? Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menemukan hubungan keduanya.

Namun beberapa literatur medis menemukan bahwa kebiasaan membunyikan jari berhubungan dengan kerusakan ligamen, dan dislokasi sendi/ tendon. Adapun penyebab pasti dari pengapuran sendi, yakni:

  1. Keturunan

Risiko pengapuran sendi akan meningkat jika seseorang memiliki orangtua atau anggota keluarga dengan penyakit yang sama.

  1. Cedera atau riwayat trauma

Seseorang yang pernah cedera sendi atau pernah mendapatkan tindakan medis tertentu pada sendi di tubuhnya berisiko tinggi untuk terkena pengapuran sendi.

  1. Penuaan

Usia 45 tahun atau lebih memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terkena pengapuran sendi.

Meski belum terbukti menyebabkan pengapuran sendi, bukan berarti membunyikan jari menjadi suatu tindakan yang aman untuk dilakukan. Hindari sekarang juga jika Anda tidak ingin merasakan akibatnya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar