Sukses

Banyak Pikiran? Awas Nyeri Otot

Stres atau banyak pikiran ternyata berhubungan erat dengan kejadian nyeri otot.

Klikdokter.com, Jakarta Macet, deadline mepet, atau perkara sejenisnya tentu bisa membuat Anda banyak pikiran. Jangan anggap sepele. Kondisi ini tak hanya mengganggu kualitas hidup saja, tapi juga menyebabkan gangguan kesehatan salah satunya nyeri otot.

Saat Anda banyak pikiran, tubuh akan memberikan respons dengan mengeluarkan hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang berlebihan membuat tubuh menjadi lebih sensitif terhadap nyeri, mencetuskan proses peradangan, dan menyebabkan terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh.

Radikal bebas yang ‘bersemayam’ di dalam tubuh dapat merusak sel-sel otot, mempercepat penuaan sel, dan merusak jaringan-jaringan tubuh lainnya.

Rentetan peristiwa tersebut dapat membuat Anda terkena nyeri otot. Tidak hanya itu, studi juga membuktikan bahwa banyak pikiran (stres) yang berlangsung berkepanjangan dapat mencetuskan nyeri pinggang, nyeri panggul, penyakit fibromyalgia, dan nyeri pada sendi tulang rahang.

Anda tentu tidak ingin mengalami nyeri otot ataupun keluhan-keluhan lainnya, bukan? Karena itu, mulailah menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, tidak merokok atau minum akohol.

Banyak pikiran atau stres memang hal wajar. Tapi bukan berarti harus dibiarkan. Cobalah untuk relaks sejenak, pergi berlibur, atau berusaha fokus pada satu tujuan. Dengan begini, banyak pikiran serta keluhan nyeri otot atau yang lainnya tidak akan terjadi pada diri Anda. Salam sehat!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar