Sukses

Plus-Minus Konsumsi Minuman Bersoda

Apa sajakah dampak baik dan buruk minuman bersoda terhadap kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Minuman bersoda memang sering dijauhi oleh para pelaku diet dan pemerhati kesehatan. Tapi ternyata, minuman bersoda juga memiliki beberapa dampak baik bagi tubuh. Yuk, kenali plus-minus konsumsi minuman bersoda berikut ini.

Plus

  • Menghancurkan lemak di hati dan mengurangi sakit kepala

Kandungan kafein pada minuman bersoda memiliki sifat merangsang sistem saraf pusat, membantu menghancurkan lemak di hati, meningkatkan mood, dan mengurangi sakit kepala.

Orang yang secara teratur mengonsumsi kafein cenderung tidak memiliki penyakit Parkinson, kanker usus besar, batu empedu, dan sirosis hati.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Air berkarbonasi merupakan bahan utama minuman bersoda. Air berkarbonasi diciptakan oleh Joseph Priestly pada tahun 1767, dan sejak itu terbukti memiliki banyak manfaat untuk saluran cerna.

Air berkarbonasi membantu meredakan sakit perut, mengatasi mual, dan mengurangi konstipasi.

  • Mencegah kram otot

Minuman bersoda mengandung natrium. Natrium merupakan mineral penting yang ditemukan di hampir semua makanan alami. Natrium membantu mencegah kram otot, efek penuaan pada kulit, penurunan tekanan darah, serta menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Minus

  • Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Bukti kuat menunjukkan bahwa minuman bersoda yang mengandung gula berkontribusi pada perkembangan diabetes. The Nurses’ Health Study mengeksplor hubungan ini dengan meneliti lebih dari 90.000 wanita selama delapan tahun.

Para perawat mengatakan, mereka yang dalam sehari mengonsumsi satu atau lebih minuman bersoda yang mengandung gula lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 sebanyak dua kali dibanding mereka yang jarang minum minuman ini.

  • Menaikkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi minuman bersoda dengan kandungan gula yang tinggi akan meningkatkan risiko obesitas yang sangat erat kaitannya dengan penyakit jantung.

  • Menurunkan kualitas tulang

Soda mengandung kadar fosfat tinggi, dan tidak memiliki kalsium dan nutrisi sehat lainnya. Mengonsumsi lebih banyak fosfat daripada kalsium dapat merusak kesehatan tulang. Padahal kalsium sangat penting selama masa kanak-kanak dan remaja, saat tulang sedang dibangun.

Demikian plus-minus minuman bersoda bagi kesehatan. Jika Anda memang ingin mengonsumsi minuman bersoda, pilihlah yang tanpa gula. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan!

[RS/ RVS]

1 Komentar