Sukses

Bakar Lemak dengan Rutin Jalan Kaki

Jalan kaki ternyata ampuh untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Klikdokter.com, Jakarta Jalan kaki dikenal sebagai salah satu olahraga sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa jalan kaki juga ampuh untuk menurunkan berat badan?

Faktanya, berjalan kaki memang berkaitan langsung dengan penurunan masa tubuh. Rutin berjalan kaki memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh Anda, termasuk meningkatkan stamina, membakar kalori, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Para ahli menyarankan untuk berjalan kaki minimal 150 menit dalam seminggu. Bahkan dianjurkan untuk berjalan sebanyak 10.000 langkah sehari, atau setara dengan sekitar enam kilometer.

Menurut seorang ahli dari University of Virginia, Arthur Weltman, PhD, melakukan teknik berjalan cepat (power walking) efektif untuk menurunkan bobot tubuh. Tentunya harus diimbangi dengan asupan makanan bergizi seimbang.

Menurunkan berat badan dengan power walking

Untuk menurunkan berat badan dengan jalan kaki, dibutuhkan teknik khusus yang bernama power walking. Artinya jalan kaki yang Anda lakukan berbeda dari yang biasanya. Prinsip dasarnya adalah makin cepat Anda berjalan, makin banyak kalori yang akan dibakar.

Dalam power walking, ada dua teknik yang dikenal, yaitu jalan kaki santai (strolling) dan jalan cepat (power walking).

Namun, tentu saja kedua teknik ini akan menunjukkan hasil yang berbeda. Jalan kaki santai dilakukan dengan kecepatan normal Anda saat berjalan. Berjalan kaki dengan teknik ini selama 1 jam bisa membakar kira-kira sebanyak 238 kalori.

Sementara itu, untuk melakukan power walking, Anda harus meningkatkan kecepatan dalam berjalan hingga 5 sampai 7 kilometer per jam. Power walking mengharuskan Anda untuk berjalan dengan langkah yang lebih panjang dari biasanya.

Selama berjalan kaki dengan teknik ini, gunakan tumit Anda sebagai tumpuan saat menjejakkan kaki. Kemudian pindah ke seluruh telapak kaki sambil bergerak maju. Pastikan punggung Anda tegak selama berjalan dan hindari menundukkan kepala. Pandangan harus fokus ke depan dan lurus ke arah Anda akan berjalan. Selama berjalan, ayunkan kedua tangan Anda mengikuti irama kaki. Untuk menambah intensitas latihan, Anda bisa menahan otot-otot perut selama berjalan.

Berbeda dengan jalan normal, melakukan power walking akan menghasilkan pembakaran lemak yang lebih banyak. Melakukan gerakan ini selama 1 jam dapat membakar hingga 560 kalori. Namun perlu dicatat, sebelum melakukan teknik ini biasakan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berjalan kakilah setidaknya tiga kali dalam seminggu. Berikut perhitungan kalori yang dibakar jika Anda melakukan power walking.

  • Membakar 220 kalori

Setelah pemanasan, mulailah dengan berjalan santai selama 5 menit. Baru setelah itu, tambahkan kecepatan Anda secara perlahan hingga mencapai standar jalan cepat. Lakukan power walking selama setengah jam. Sebelum mengakhiri olahraga jalan kaki Anda, lakukan pendinginan dengan berjalan santai selama 5 menit.

  • Membakar 355 kalori

Untuk membakar lebih banyak kalori, tambahkan intensitas jalan kaki Anda. Namun, hal ini membutuhkan waktu sedikit lebih panjang.

Selalu mulai olahraga dengan jalan santai selama 5 menit. Lalu lanjutkan dengan jalan cepat selama 5 menit. Kurangi sedikit kecepatan berjalan hingga kira-kira 4 kilometer per jam, dan pertahankan kecepatan ini selama 1 menit. Lalu, kembali lagi pada power walking selama 5 menit.  

Ulangi ritme ini sampai enam kali berselang-seling. Setelah itu, akhiri dengan pendinginan atau jalan santai selama 3 sampai 5 menit.

  • Membakar 405 kalori

Mulai latihan Anda dengan pemanasan, yaitu berjalan santai selama 5 menit. Lanjutkan dengan berjalan cepat selama 2 menit, kemudian kurangi kecepatan. Ulangi gerakan ini selama lima belas kali dan selalu akhiri latihan Anda dengan pendinginan.

Olahraga yang mudah dan murah meriah seperti jalan kaki memang menyenangkan. Agar lebih bersemangat, ajaklah keluarga, teman, atau binatang peliharaan Anda. Dan yang penting, lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar